Harga Borongan Renovasi Rumah

Dalam membangun dan merenovasi rumah, tentu kita memerlukan perkiraan biaya yang akan kita butuhkan nantinya. Karena pastinya kebutuhan biaya tersebut, akan disesuaikan dengan kondisi keuangan kita saat ini.


Dan salah satu point yang harus kita perhatikan adalah soal ongkos kerja. Karena menurut perhitungan saya bahwa ongkos kerja bisa mencapai 40% atau lebih, dari total keseluruhan pengeluaran.

Karena itu pada artikel ini saya ingin membagikan, ongkos kerja tukang yang baru saja saya dapatkan. Harga ini berasal dari Semarang, pada periode Agustus 2018. Sehingga untuk tempat dan waktu yang berbeda, dapat dipastikan bahwa harga ini akan berubah.

No Keterangan Harga
1 Borongan Bangunan :

Ø  Mulai bahan sampai finishing

Ø  Borongan tenaga saja

 

Rp   2.750.000 / m²

Rp      800.000 / m²

2 Borongan Rangka Atap Baja Ringan

Spesifikasi :

Ø  Kanal C – ketebalan 0,75

Ø  Reng – ketebalan 0,45

Rp      110.000 / m²
3 Borongan pengerjaan plafond + material :

Pekerjaan sudah termasuk cat dan lis keliling. Jika ada tambahan lain, harga akan dibicarakan selanjutnya.

Rp      125.000 / m²
4 Borongan pemasangan partisi atau tembok maninan. Harga mulai : Rp      110.000 / m²

 

Selanjutnya tukang yang mengirimkan list harga di atas, juga mengatakan jika dia juga menerima segala macam pekerjaan pertukangan. Misalnya saja membetulkan plafond yang rusak, genting yang bocor, memasang keramik yang terlepas, mengerjakan pipa yang bocor, ataupun memtulkan instalasi listrik rumah yang bermasalah.


Untuk harga pekerjaan perbaikan di atas, akan ditentukan oleh berat – ringannya kerusakan, jadi akan dibicarakan saat sudah melihat kondisi kerusakannya.

Tinggalkan Balasan