Besaran Gaji Para Pekerja di Proyek

Rata-rata untuk gaji yang diberikan oleh proyek BUMN Nasional, biasanya gaji karyawan yang paling rendah akan disesuaikan dengan UMR tempat lokasi proyek tersebut dibangun. Tetapi besaran gaji untuk pegawai tetap dan petinggi proyek akan disesuaikan dengan besaran gaji pegawai di kantor pusat, biasanya acuannya adalah UMR Jakarta.

Gaji bulanan yang saya maksudkan di sini adalah uang resmi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan, dan uang gaji ini juga akan dipotong BPJS dan juga pajak resmi ke pemerintah. Jadi, boleh dibilang ini adalah uang yang resmi yang menjadi hak bagi setiap pekerja.

Mengapa saya begitu menekankan soal gaji resmi di sini, karena dalam dunia proyek banyak uang tidak resmi yang biasanya akan kita dapatkan. Uang tidak resmi ini bisa kita dapatkan dengan memintanya langsung, atau melakukan sebuah manipulasi data, semuanya tergantung dari posisi mana kita mencarinya.

Saat saya bekerja di proyek, saya melamar dengan menggunakan ijazah S1, tetapi pada waktu itu gaji saya kalah banyak dengan karyawan lain yang hanya lulusan STM. Hal ini disebabkan karena saya masuk dan mendaftar langsung di proyek yang ada di lapangan. Sementara teman STM ini, mendaftar lewat kantor pusat BUMNnya.

Jadi, karyawan yang berasal dari kantor pusat, akan mendapat separuh gaji dari kantor pusat, dan separuh gajinya dari proyek. Karena gabungan ini, maka nilainya menjadi besar, dan pastinya akan lebih besar dari pada gaji yang diterima oleh karyawan yang diterima di proyek.

Yang perlu saya tambahkan di sini, bahwa karyawan yang berasal dari kantor pusat ini, adalah karyawan baru, dan dia baru saja di terima beberapa bulan yang lalu. Sementara saya sendiri adalah karyawan yang sudah pernah ikut proyek dengan kontraktor BUMN yang sama sebelumnya, jadi sudah memiliki pengalaman kerja.

Tetapi bagaimanapun juga itu adalah kebijakan dari perusahaan. Dan satu hal yang pasti jika anda ingin bekerja di proyek, bahwa kesenjangan semacam ini akan sangat banyak terjadi, jika anda adalah orang yang mudah iri dengan orang lain, mudah baper, maka pastinya anda tidak akan pernah bisa lama bekerja di proyek.

Anda akan terus membandingkan diri anda dengan orang lain, dan pastinya tidak akan pernah ada yang namanya keadilan versi anda sendiri. Yang ada hanyalah kebijakan perusahaan, dan pastinya kebanyakan orang yang ada di proyek adalah orang-orang yang memang butuh uang untuk kebutuhan keluarganya. Dan orang yang masih memiliki opsi lain, pastinya sudah memilih untuk pergi.

Tinggalkan Balasan