Uang Tambahan yang Bisa Didapatkan oleh Karyawan Proyek

Di proyek meskipun anda adalah orang yang jujur, anda tetap akan mendapatkan banyak uang tambahan. Apalagi jika anda bisa memanipulasi data, maka keuntungan yang anda dapatkan akan banyak sekali. Karena itu KPK, sudah banyak menangkap orang yang bermain di proyek, dan pastinya penangkapan itu hanya untuk petingginya saja, karena bagaimanapun juga untuk karyawan rendahan, saya rasa tidak akan tersentuh.

Pada saat anda banyak berurusan dengan besi, maka yang namanya besi sisa pasti banyak sekali jumlahnya, jadi jika anda mau sedikit nakal biasanya besi sisa ini dapat dijual ke pengepul besi bekas. Jika setiap hari anda membawanya dalam jumlah yang wajar, maka satpam pun tidak akan curiga kepada anda. Dan pastinya uang penjualannya cukup untuk beli rokok.

Apalagi jika anda sudah minta ijin dulu ke pengawas, bahwa besi sisa tersebut akan digunakan untuk membeli rokok, maka mereka sering kali sudah pengertian, dan akan dibiarkan begitu saja. Dan apa yang anda lakukan akan semakin aman saja.

Biasanya uang yang paling banyak didapatkan oleh karyawan, berasal dari pengukuran galian dan juga timbunan tanah. Hal ini karena ukuran tanah sangat sulit dilakukan secara akurat, jadi proses penghitungannya menggunakan metode sample atau diambil secara acak setiap jarak tertentu. Di sini orang proyek akan menggunakan perhitungan yang digelembungkan, tergantung dari hitungan mana yang menguntungkan mereka.

Hal lain yang bisa didapatkan sebagai tambahan yaitu dari manipulasi data kehadiran pekerja, dan ini sangat menguntungkan sekali bagi juru bayar, petugas keuangan, dan pengawas lapangan (bagian absen pekerja). Biasanya di proyek dalam presensinya semua pekerja akan tertulis selalu hadir di proyek setiap hari, Padahal pada kenyataannya pasti ada saja pekerja yang berhalangan hadir, entah karena sakit, karena cuti, atau karena ada urusan keluarga.

Selanjutnya jika anda adalah bagian pembelian barang, biasanya kita sudah memiliki perjanjian di awal proyek di salah satu suplayer ataupun di salah satu toko bangunan. Jadi, kita akan selalu membeli material dari satu tempat yang sama tersebut sampai proyek selesai. Biasanya sebagai imbalan, pihak suplayer akan memberikan imbalan ataupun uang terima kasih pada petugas pembelian itu. Dan pastinya jika nilai pembeliannya besar, maka jumlah uang yang bisa kita dapatkan juga sangat besar.

Lalu apakah masih ada hal lain yang bisa kita jadikan uang pada saat ada di proyek, jawabannya masih sangat banyak sekali. Bahkan boleh saya bilang, bahwa setiap hal yang ada di proyek bisa kita jadikan uang.

 

Tetapi satu hal yang perlu saya katakan, yaitu semua uang hasil kecurangan ini tidak halal, atau sesuatu yang memang bukan milik kita. Karena itu jika anda percaya yang namanya karma, maka biasanya selang beberapa waktu, akan ada hal buruk yang terjadi, sehingga semua uang yang kita dapatkan dengan cara tidak benar tersebut bisa hilang, ke titik di mana uang kita seharusnya berada.

Orang proyek biasanya menyebut uang ini dengan sebutan uang panas, atau uang yang tidak membawa berkah, uang yang akan cepat lenyap, dan uang yang bisa membawa sial. Karena itu banyak dari teman saya yang menggunakan uang ini sebagai bahan taruhan judi, atau menyewa perempuan, atau untuk membeli minuman keras, jadi mereka menganggap bahwa uang panas sebaiknya digunakan untuk keperluan yang tidak baik juga.

Tinggalkan Balasan