Kelebihan dan Kekurangan Meletakkan Kamar Mandi dekat Ruang Tamu

Meskipun sebagian besar masyarkat Indonesia berpendapat bahwa kamar harus diletakkan dibagian belakang rumah, tetapi sering kita menjumpai, bahwa kamar mandi rumah tersebut terletak di bagian depan. Posisinya sering kali berhadapan langsung dengan ruang tamu ataupun dekat dengan pintu masuk. Sebenarnya dengan meletakkan kamar mandi dengan posisi seperti ini, ada sisi positif dan negatifnya.


Dari segi positifnya, jika ada tamu maka dia tidak akan melihat seluruh isi rumah saat minta ijin ke kamar mandi. Ini sangat berguna bagi pemilik rumah yang tidak ingin kondisi rumahnya diketahui oleh sembarang orang. Atau sangaat cocok untuk orang-orang yang ingin privasi lebih.

Jadi, kadang kala, meskipun pemilik rumah ingin privasinya terjaga, tetapi karena kultur negara kita yang masih sangat menjunjung sopan-santun dan keramah-tamahan, maka pastinya pemilik rumah akan mengijinkan tamu tersebut untuk menggunakan kamar mandinya. Jika posisi kamar mandi ada di bagian depan rumah, maka setidaknya privasi pemilik rumah akan bisa lebih terjaga.

 

Pastinya dengan penempatan kamar mandi ada di bagian depan, maka tamu yang akan meminjam kamar mandi juga akan merasa lebih nyaman, karena dia tidak harus masuk terlalu dalam. Lagi pula, untuk orang yang sudah kebelet ingin ke kamar mandi akan bisa lebih cepat sampai.

Lagi pula untuk seluruh anggota keluarga, dengan posisi yang ada di bagian depan atau tengah rumah, maka semua anggota keluarga yang ingin menggunakannya menjadi memiliki posisi yang adil, yaitu jarak ke kamar mandi menjadi sama. Sehingga untuk satu rumah, kadang kala hanya memerlukan satu kamar mandi saja, karena sudah sukup untuk mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga.

 

Jika posisi kamar mandi berada dekat dengan ruang tamu, maka hal ini kadang juga bisa menjadi kesulitan bagi pemilik rumah jika dia ingin ke kamar mandi tetapi sedang ada tamu, jadi mau tidak mau dia akan melewati tamu tersebut untuk bisa ke kamar mandi. Kadang kala, hal seperti ini akan menyebabkan perasaan tidak enak bagi semuanya, baik itu bagi tamunya, baik itu bagi pemilik rumah yang menemani tamu, ataupun bagi penghuni rumah yang ingin ke kamar mandi.

Selain itu, untuk proses pemersihan kamar mandi sering kali akan menyebabkan becek dan air tertumpah, maka hal ini bisa menyebabkan kotor. Karena posisinya ada di bagian depan rumah, maka kondisi ini bisa mengurangi keindahan rumah.

Apalagi jika sedang ada tamu, lalu ada yang buang air besar, kemungkinan besar ini akan menyebabkan bau yang tidak sedap, dan pastinya hal ini bisa sangat mengganggu. Karena itu untuk menghindari hal seperti ini, maka kamar mandi memerlukan penanganan khusus.

 


Tetapi terlepas dari semua plus – minusnya, penempatan posisi kamar mandi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah, dan jangan coba-coba menempakan kamar mandi di bagian depan, hanya karena gengsi ataupun karena ikut-ikutan saja. Anda harus memikirkan baik – buruknya.

Tinggalkan Balasan