Rumah yang Tidak Dipelur Mudah Dipanjat Tikus

Sebagai orang yang awam dengan tikus, saya sering ragu tentang bagaimana cara tikus dapat naik ke plafond rumah, meskipun tidak ada pohon ataupun alat yang dapat digunakan tikus untuk memanjat ke dalam rumah. Hal ini karena tikus yang sudah masuk ke dalam rumah bisa menjadi sangat mengganggu, meskipun jumlahnya hanya satu atau ekor saja.


Pernah suatu kali saya mendapati bahwa ada seekor tikus berukuran yang cukup besar berusaha memanjat dinding rumah saya. Pada waktu itu saya merasa tidak percaya, bahwa ada tikus yang dapat memanjat bidang datar vertikal seperti itu.

Sepertinya tikus memiliki kemampuan untuk memanjat dinding rumah yang masih belum dipelur, (yang masih memperlihatkan sambungan batu bata eksposenya). Kemungkinan besar tikus tersebut mampu memanjat dinding, karena permukaan dinding yang masih kasar, tetapi jika dinding tersebut sudah dipelur halus, maka sepertinya tikus tidak mampu memanjat dinding halus tersebut.

Mungkin saja, prilaku tikus yang mampu memanjat dinding rumah tersebut, dikarenakan dia memerlukan tempat yang aman untuk melahirkan, karena setelah saya melihat tikus tersebut naik ke plafond rumah, tidak lama setelah itu saya mendengar banyak decit kecil, suara anakan tikus.

Menurut perkiraan saya, bahwa tikus yang dapat memanjat dinding tidak sepenuhnya merupakan keahlian bawaan dan merupakan hasil belajar, karena anakan tikus yang lahir di plafond rumah saya, sepertinya tidak memiliki kemampuan memanjat dinding seperti yang dimiliki oleh induknya.

Jadi, anakan tikus tersebut tumbuh dan menjadi besar di plafond rumah saya, dan setelah mereka besar sepertinya induknya meninggalkan mereka, sementara mereka sendiri tetap berada di plafond sampai sekarang.


Dahulu dosen teknik bangunan saya mengatakan bahwa dinding yang dipelur memiliki kekuatan yang lebih kokoh bila dibandingkan dengan dinding batu bata ekspose, terutama untuk menahan beban termasuk beban gempa. Ternyata saat ini saya mendapati bahwa ada keuntungan lain yang bisa didapatkan ketika dinding rumah di pelur, yaitu dapat mencegah tikus memanjat dinding rumah kita.

Tinggalkan Balasan