Harga Kayu Sengon

Untuk kayu sengon sendiri jika sudah ada di toko bangunan maka dijual dalam bentuk kayu usuk dan juga papan. Untuk harga jual papan dari kayu sengon sendiri saat ini adalah Rp 8.000,- /batang. Jika membeli dalam satu ikatan pun harga jualnya tetap Rp 8.000,- /batang. Tetapi saran saja jika membeli papan sengon sebaiknya jangan membeli dalam bentuk ikatan, karena ada kemungkinan bahwa papan yang dijual tersebut banyak yang melengkung.

Dan jika kita tidak pernah membeli papan kayu seperti saya, sebaiknya jangan melakukan aksi coba-coba, karena kemungkinan besar akan tertipu. Sebaiknya jika memiliki kenalan yang sering membeli kayu sebaiknya ajak saja dia, karena lebih berpengalaman sehingga resiko tertipu oleh penjualnya akan semakin kecil.

Jika membeli kayu sengon untuk usuk atau kayu 4×6 ada beberapa harga tergantung panjangnya, yaitu :

NO

Panjang Kayu Sengon

Harga per Batang

Harga per Ikat (10 Batang)

1

2 meter

Rp 7.500,-

Rp 75.000,-

2

3 meter

Rp 12.000,-

Rp 120.000,-

3

4 meter

Rp 20.000,-

Rp 200.000,-

Papan dan kayu sengon adalah jenis kayu lunak yang masih muda, sehingga dapat juga dikatakan sebagai bahan sekali pakai. Apalagi untuk papannya, saat kita sudah sekali menggunakannya sebagai begisting dan saat papan tersebut sudah terkena panasnya adukan semen, biasanya papan tersebut akan melengkung dan jika tetap dipaksakan untuk digunakan, biasanya hasil dari pengecoran kita juga akan ikut melengkung, dan hasil dari pengecoran yang kedua tidak akan sebaik atau serata pada pengecoran pertama, pada saat itu akan terlihat batu-batu pecah yang semakin bertonjolan. Dan jika papan tersebut masih dipaksakan untuk dilakukan pengecoran yang ketiga, maka hasilnya juga akan semakin jelek, yang jelas lebih jelek daripada pengecoran sebelumnya.

Hal ini memang adalah konsekuensi dari bahan yang harganya murah, tetapi jika memang kita menggunakan papan yang lebih baik, maka harganya juga akan lebih mahal. Tetapi kita sebagai pemilik harus tahu sebanyak apa kayu tersebut akan kita gunakan sehingga kita dapat menetukan kayu jenis apa yang akan kita gunakan.

Tinggalkan Balasan