Pengalaman Memasang Sambungan Baru PDAM

Pada tahun ini kondisi cuaca di rumah saya sangat panas terik, selama musim kemarau yang panjang ini, hanya turun hujan setidaknya sebanyak dua kali saja. Sementara semenjak memasuki musim hujan, ternyata curah hujannya sangat sedikit.


Karena kondisi itu, sumur saya dan kebanyakan sumur warga di daerah saya mengalami kekeringan, tetapi meskipun demikian kondisi air PDAM masih cukup baik kondisinya, sehingga untuk memenuhi kebutuhan air bersih, kami harus memintanya ke warga yang memiliki sambungan PDAM.

Karena kebutuhan air yang mendesak ini, maka saya memutuskan untuk melakukan pemasangan sambungan baru ke PDAM. Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman, dalam melakukan sambungan baru PDAM, sampai air dapat mengalir di rumah saya.

Hal pertama yang saya lakukan adalah pergi ke kantor PDAM, lalu di sana saya mendaftarkan diri kepada receptionist untuk melakukan pemasangan sambungan baru. Tetapi setelah beberapa hari mendaftar, kemudian saya melakukan pengecekan lagi, ternyata data saya hanya sampai di buku pendaftar saja, dan belum diinput ke dalam data base PDAM, sehingga baru hari itu data saya diinputkan ke dalam data base pengajuan.

Jadi, sistem di PDAM sekarang setelah data saya masuk ke dalam data base, maka data tersebut akan dikirim ke kantor pusat, dan dari sana baru akan dikeluarkan rekomendasi untuk dilakukan survey.

Dalam perkembangannya saya pernah menanyakan kepada petugas PDAM tentang apakah dengan membayar biaya tambahan, maka proses pemasangan di rumah saya dapat dipercepat? Ternyata jawaban dari semua petugas PDAM itu, bahwa sekarang hal tersebut tidak bisa dilakukan, karena semua pembayaran dan pengelolaan dilakukan dari pusat. Karena itu maka saya hanya bisa pasrah dan mengikuti setiap prosedur yang ada.

 

Hanya saja bila dibandingkan dengan warga lain, saya adalah jenis orang yang terlalu sering datang ke kantor untuk mengecek sampai mana proses pengajuan saya ditanggapi.

Setelah sebulan berlalu, saat saya melakukan pengecekan ke kantor PDAM, ternyata pengajuan saya sudah bisa ditanggapi, dan pada saat itu juga ada petugas PDAM yang ikut saya pulang ke rumah untuk melakukan survey.

Setelah survey keluar, dan rumah saya dinyatakan layak mendapatkan sambungan baru, maka petugas itu akan melaporkan ke kantor, dan nantinya saya akan mendapat SMS notivikasi agar melakukan pembayaran via on-line. Untuk pembayaran, saya melakukannya di salah satu gerai Indomaret yang ada di dekat situ.

Di awal pengajuan, saya diberitahu bahwa biaya pemasangannya sekitar Rp 1.250.000 sedangkan jika ada penambahan pipa yang agak jauh, maka akan ada biaya tambahan lain, sedangkan besarannya akan ditentukan setelah dilakukan pemasangan.

Seminggu setelah survey, saya mendapat SMS notivikasi dari kantor pusat PDAM, pada SMS itu saya diminta untuk segera melakukan pembayaran, dengan besaran nominal Rp 1.362.324 (sudah ditambah biaya admin 2.500). Setelah dibayar, maka keesokan harinya pengerjaan pemasangan instalasi dilakukan, dan pada hari itu juga, air bersih sudah mengalir ke rumah saya.

Pemasangan instalasi ini berupa satu meter air dan satu keran air di sampingnya, lalu jika saya ingin mengalirkan air ke dalam rumah, maka saya harus melakukan penyambungan sendiri, dan atas biaya sendiri. Lalu untuk pembayaran bulanan akan dilakukan pada bulan depannya di gerai minimarket ataupun lewat online, dengan meminta data pemilik dari kantor PDAM.

 

Sebagaian warga lain menganggap bahwa nominal yang saya bayarkan ini terlalu mahal, karena memang dari kantor PDAM tersebut ada yang namanya program hibah dari pemerintah pusat, sehingga dari program ini nantinya biaya yang akan saya bayarkan sebesar Rp 700.000 saja.

Tetapi karena kondisi di rumah saya yang sudah kekeringan, maka kami menolak program hibah ini dan lebih memilih untuk ikut program yang reguler saja. Meskipun mahal, tetapi segera dilakukan pengerjaan.


Alasan lain kami tidak ingin ikut program hibah ini, yaitu karena tahun 2017 saya sudah pernah mengajukan pemasangan sambungan baru, ternyata sampai sekarang tidak ada kelanjutannya jadi kami lebih memilih program reguler saja. Takut jika sudah mendaftar, tetapi tidak dilakukan pemasangan.

Tinggalkan Balasan