Mengenal Kayu Bekas

Saat ini di tempat saya untuk mendapatkan kayu yang benar-benar bagus sangat sulit, dan jika ada kayu yang bagus, maka biasanya harga yang ditawarkan sangat mahal, malah terkadang saya merasa bahwa harganya sudah tidak masuk akal.


Tetapi kemarin waktu saya jalan-jalan dan tanya di beberapa bengkel kayu yang ada di sekitar rumahj, mereka malah menawarkan kayu bekas sebagai alternatif. Karena mereka juga sadar bahwa harga kayu juga sudah semakin tidak terjangkau. Menurut pengrajin kayu di bengkel tersebut, ada beberapa keunggulann dari kayu bekas ini jika dibandingkan dengan kayu baru saat ini.

Keunggulan pertama dari kayu bekas yaitu bahwa kayu tersebut sudah pernah mengalami masa pemasangan yang cukup lama, sehingga jika sampai sekarang kayu tersebut masih bisa bertahan maka dapat dipastikan bahwa kayu tersebut adalah jenis kayu yang bagus, karena yang namanya kayu pasti menghadapi yang namanya cuaca dan juga rayap, jadi jika kondisinya masih bagus maka kayu tersebut telah berhasil melewati ujian dari keduanya. Belum lagi kayu bekas sudah hampir tidak mengalami susut, muai, atau melengkung, karena secara pemasangan kayu tersebut sudah cukup tua untuk mengalaminya, sehingga dari sisi bentuk kayu tersebut lebih stabil.

Untuk kayu bekas memiliki harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan kayu baru, bahkan jika kualitas kayu baru tersebut dibadingkan, maka kualitas dari kayu bekas juga tidak kalah, malah kadang juga lebih bagus. Tetapi biasanya kayu bekas ini memiliki bekas paku ataupun bekas lubang yang lain, tetapi menurut penjualnya, bekas seperti itu dapat dimanipulasi agar tidak nampak mencolok atau bahkan mungkin juga dapat tersamarkan, karena ada beberapa metode baru yang sudah dapat diaplikasikan.


Tetapi jika kayu bekas tersebut berasal dari kusen pintu atau jendela, lalu dibuat daun pintu ataupun jendela, maka kondisinya sudah tidak dapat dibedakan lagi dengan kayu yang baru, karena lubang yang ditakutkan tersebut sudah dapat ditutup ataupun ditambal, bahkan bekas lubang tersebut malah bisa dibuang. Jadi sekarang pada saat ada rumah yang banyak menggunakan kayu dilakukan pembongkaran atau renovasi, maka banyak juga pembeli kayu bekas yang siap untuk menawar kayu bekasnya tersebut.

Tinggalkan Balasan