Keunggulan Rumah dengan Menggunakan Atap Plat Lantai

Ada sebagian orang yang menyebut plat lantai ini dengan sebutan dak beton, jadi jika atap rumah anda menggunakan plat lantai, maka artinya rumah anda menggunakan atap dak. Pastinya dalam setiap keputusan ada yang namanya kelebihan dan kekurangan, dan pada artikel ini saya ingin mengemukakan beberapa pendapat tentang keunggulan dari penggunaan plat lantai sebagai atap bangunan.

Yang pertama, dengan menggunakan plat lantai sebagai atap, maka anda akan memiliki lantai tambahan yang bisa anda gunakan untuk berbagai kegunaan, misalnya saja yang paling umum, bahwa lantai atas sering difungsikan sebagai tempat untuk menjemur pakaian.

Karena seperti kita tahu bahwa biasanya di kota-kota, luas lahan terbuka sangat sedikit sekali, karena itu kebanyakan orang akan memilih lantai atas sebagai tempat menjemur pakaian. Terkadang malah karena sudah terdesak akan kebutuhan ruang, maka lantai tambahan yang hanya difungsikan sebagai pelengkap saja, malah diperkuat dan difungsikan menjadi ruang yang lebih penting, seperti menjadi kamar tidur misalnya.

Biasanya jika suatu rumah menggunakan atap genting yang miring, maka akan sulit jika ingin menambahkan angin-angin atau pencahayaan, karena kalau sampai salah pasang atau terjadi kesalahan, maka proses pembetulannya akan lebih sulit, karena harus mengerjakannya pada bidang miring yang sulit. Sedangkan untuk atap datar, ini bisa lebih mudah dikerjakan, karena pijakannya bisa lebih banyak.

Selain itu untuk plat lantai, kadangkala masalah utama yang sering dihadapi pemilik adalah kebocoran air hujan, rembes, atau masalah sejenis itu. Tetapi, untuk mengatasinya kita bisa menggunakan banyak sekali cara. Tetapi jika cara-cara tadi masih saja belum berhasil, biasanya pemilik masih memiliki satu senjata pamungkas, yaitu menutup kembali atap plat tadi dengan menggunakan atap lagi diatasnya, dan masalahpun selesai.

Saya mendapat banyak sekali variasi penggunaan atap dak ini, mulai dari yang menggunakannya sebagai kebun buah dan sayuran, yang menggunakan pot-pot biasa, sampai ada yang menggunakan sistem yang lebih kompleks seperti pipa-pipa hidroponik.

Ada lagi postingan yang menunjukkan bahwa ada orang yang sampai menanam padi di atap rumahnya, dan ternyata hasilnya juga sangat baik, karena nampak dari hasil panenya yang cukup melimpah. Ada juga orang yang menggunakan plat atap ini untuk beternak burung, unggas, sampai kolam ikan. Jadi, memang variasi penggunaannya bisa banyak sekali.

Jika anda tidak ingin ribet, maka ada juga orang yang mengirimkan foto dan video tentang atap rumahnya yang ditanami rumput hijau yang lebat. Kemudian atap ini difungsikan sebagai taman, yang akhirnya dapat digunakan sebagai tempat berkumpul anggota keluarga, di situ terkadang juga diselenggarakan acara bakar-bakaran, seperti barbekyu.

Untuk fungsi yang sedikit berat, misalnya saja saya pernah melihat atap rumah yang difungsikan sebagai lapangan basket. Memang untuk fungsi ini, pemilik rumah harus mempersiapkan plat lantainya dengan lebih baik lagi, karena

Tinggalkan Balasan

Exit mobile version