Apa yang Terjadi Jika Air Buangan AC dialirkan ke Saptick Tank

Pada artikel ini saya mau menceritakan pengalaman salah seorang teman, jadi teman saya ini bercerita bahwa dia baru saja melakukan pemasangan AC di rumahnya. Lalu pada saat pemasangan itu selesai, ternyata teknisinya memasukkan pipa pembuangan air AC ke dalam saptick tank, melalui saluran pipa gas buang.

Teman saya ini sempat bertanya apakah hal seperti itu tidak apa-apa jika dilakukan? Dan teknisinya menjawab, bahwa itu tidak akan jadi masalah, jadi karena mendapatkan jawaban seperti itu, maka teman saya ini tenang-tenang saja. Namun setelah beberapa bulan berjalan, masalah baru muncul.

Ternyata di ruangan rumah yang berdekatan dengan posisi saptick tank tersebut tercium bau busuk kotoran yang muncul dari sela-sela lantai keramik. Lalu teman saya ini berpendapat, apakah ini akibat dari memasukkan air buangan AC ke dalam saptick tank? Karena itu dia melepaskan pipa buangan air AC tersebut dan meletakkan ember plastik, untuk menampung air buangan ACnya.

Setelah hal tersebut dilakukan, ternyata bau menyengat khas saptick tank tersebut sudah tidak tercium lagi, teman saya ini menganggap bahwa bisa saja ini terjadi, karena bak penampungan saptick tank tersebut, menjadi penuh karena terus-menerus dialiri oleh air buangan AC.

Tetapi saya menganggap, bahwa sebenarnya jika air biasa yang dimasukkan ke dalam saptick tank, maka hal tersebut akan sangat sulit membuat saptick tank menjadi penuh seketika secara langsung, karena di dalam saptick tank biasanya dibuat juga sistem yang dapat membuang air limpahannya ke bak kontrol, dan jika itu hanya air biasa maka air akan menyerap secara langsung, ke dalam tanah dengan sempurna.

Jadi menurut saya, bahwa ada semacam kandungan tertentu yang ada di dalam air buangan AC, sehingga menyebabkan bakteri pengurai yang seharusnya bisa bekerja dengan baik menjadi terganggu kinerjanya, dan pada akhirnya, hal tersebutlah yang menyebabkan bau tidak sedap itu muncul di dalam rumah.

Saya memang belum menemukan penjelasan yang ilmiah dari beberapa penelusuran di google, tetapi sepertinya pengalaman teman saya ini, bisa dijadikan sebagai rujukan jika anda ingin membuang air buangan AC ke dalam saptick tank.

Tinggalkan Balasan