Cara Mencari Informasi Tentang Kondisi Rumah yang Akan Kita Beli, Apakah Sudah Sesuai Ekpektasi ?

Cara ini, saya dapatkan ketika saya beberapa kali membantu orang lain dalam menganalisa suatu rumah apakah rumah tersebut sudah cocok untuk ditinggali atau belum.

Biasanya untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang suatu rumah, saya menggunakan metode bertanya. Tetapi pastinya akan sangat aneh jika ada orang asing yang tiba-tiba bertanya-tanya tentang daerahnya. Jadi, saya biasanya mencari warung kopi atau warung Madura di dekat rumah itu, tetapi saya lebih suka nongkrong di warung kopi karena kemungkinan mendapatkan informasi menjadi lebih banyak.

Biasanya informasi yang pertama kali ingin saya dengar, yaitu apakah daerah itu aman dari banjir atau tidak, ini adalah informasi paling penting yang harus diketahui di awal, karena kalau daerah ini adalah langganan banjir, maka syarat berikutnya secara otomatis langsung gugur.

Lalu informasi berikutnya yang harus kita ketahui, yaitu apakah daerah itu aman dari pencurian atau tidak, karena setahu saya di suatu daerah jika ada warga baru, maka ini adalah sasaran empuk bagi mereka yang punya niat buruk. Jadi, anda harus berhati-hati saja soal ini.

Kalau pembaca adalah penakut atau percaya pada hal-hal mistis, maka tidak ada salahnya jika menanyakan juga asal-usul rumah tersebut, misalnya apakah pernah ada orang dibunuh atau bunuh diri di rumah yang akan kita beli atau tidak. Karena rumah yang memiliki riwayat kematian yang tidak wajar akan menghantui penghuni rumah.

Alasannya, meskipun tidak ada apa-apa,  tetapi karena sudah mendapatkan informasi tersebut, sering kali fikiran dari pemilik rumah yang mengakibatkan dia mencemaskan hal-hal berbau mistik. Sehingga saat terjadi sesuatu, maka akan secara otomatis dikaitkan dengan hal mistis, padahal itu karena tiupan angin atau semacamnya.

Hal yang saya sebutkan ini, tidak mencakup kondisi rumah, kekuatan bangunan, tata letak ruangannya, kerusakan yang harus diperbaiki, atau hal semacam itu. Tetapi lebih kepada kondisi umum lingkungan yang akan kita tinggali nantinya. Baru setelah kondisi lingkungan aman, kita baru bicara kondisi bangunan rumahnya.

Tinggalkan Balasan