Membayar Tagihan Listrik dari Rumah yang Sudah Lama Kosong

Beberapa waktu yang lalu, kita mendengar kabar bahwa anak dari komedian senior yaitu Bp. Tarzan, mengalami masalah tidak menyenangkan, yaitu dia harus membayar tagihan listrik yang sangat banyak sekali, yang berasal dari penghuni rumah sebelumnya.

Saya memiliki cerita yang mirip seperti ini, pernah suatu kali teman saya harus pindah kontrakan karena sewa di rumah sebelumnya telah habis. Lalu di rumah yang baru ini sistem pembayaran meteran listriknya masih menggunakan sistem lama yaitu pasca bayar.

Suatu kali, saat teman saya ini ada di rumah ada petugas PLN yang melakukan pengecekan meter listrik, kemudian pada bulan berikutnya, saat melakukan pembayaran, ternyata tagihan listrik di bulan itu tinggi sekali. Lalu teman saya ini protes bahwa tagihan pada bulan-bulan sebelumnya kenapa tidak pernah setinggi ini, padahal pemakainnya nyaris sama?

Ternyata petugas PLNnya menjelaskan, bahwa mereka selama ini, sejak jaman penghuni lama sampai rumah itu kosong, petugas pengecekan PLN tidak dapat masuk ke dalam rumah karena pagarnya selalu terkunci, jadi petugas pencatat itu menggunakan data pemakaian pada bulan sebelumnya, untuk pembayaran bulan berikutnya. Lalu karena menggunakan tagihan yang sama selama bertahun-tahun, ternyata terdapat selisih yang masih harus dibayar oleh penghuni rumah tersebut.

Teman saya ini sempat untuk bertanya, apakah jika meter listrik ini diputus, lalu memasang meter listrik prabayar (sistem token) maka selisih pembayaran ini bisa dihapuskan? Petugas PLNnya menjelaskan bahwa meskipun ingin mengganti sistem meter listriknya, tetapi pelanggan harus tetap membayar kekuarangannya dulu, jadi tidak bisa langsung ganti meter begitu saja. Dengan kata lain, tanggungannya harus diselesaikan terlebih dahulu.

Akhirnya mau tidak mau, dia tetap membayar tagihan listriknya, karena bagaimanapun juga dia tetap memerlukan listrik PLN. Dari pengalaman itu, pembaca dapat belajar bahwa pengecekan tagihan rumah, seperti listrik, air, TV kabel, WiFi, harus benar dulu. Takutnya hal tersebut akan menjadi beban di depannya.

Tinggalkan Balasan