Pengenalan Pasir Sungai Sebagai Bahan Bangunan

Pasir yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan bangunan, adalah jenis pasir hitam yang diambil dari dasar sungai. Alasan yang paling umum adalah, karena pasir yang diambil dari sungai jumlahnya masih banyak, sehingga harganya tidak terlalu mahal. Sedangkan dari segi kualitasnya memang tidak selalu memiliki kualitas yang baik, tergantung juga dari mana pasir tersebut diambil. Tetapi memang alasan yang paling umum adalah karena faktor keekonomiannya, yaitu dengan harga yang tidak terlalu mahal tetapi memiki kualitas yang cukup bagus.


Sebagai bahan pertimbangan saja kepada masyarakat yang ingin membeli pasir sungai dengan kualitas yang baik, sebaiknya kita juga harus tahu asal dari pasir yang akan kita beli tersebut. Biasanya pasir yang memiliki kualitas baik itu berada di sungai-sungai atau danau yang hulunya berada di puncak gunung berapi. Alasannya, karena material vulkanik dari sisa erupsi, saat gunung tersebut meletus akan menghasilkan pasir dengan kualitas yang baik (apalagi untuk bahan bangunan). Dari segi jumlahnya juga sangat banyak, sehingga harganya akan sangat ekonomis.

Tetapi untuk di pulau Jawa, biasanya setiap sungai-sungai besar memiliki spot-spot penambangan pasirnya sendiri, sehingga kita bisa langsung membeli dari penambangnya langsung, atau kita dapat membelinya dari sopir truk yang membawa pasir tersebut.

Sepengalaman saya selama membeli pasir sungai, jika ingin mendapatkan pasir dengan harga yang murah maka kita dapat membelinya pada saat musim kemarau. Harga pasir dapat murah, karena pada saat itu debit air sungai sedang kecil atau menyusut, sehingga para pencari pasir dapat dengan mudah menambang pasir. Hanya saja perlu diketahui, bahwa kualitas pasir pada saat itu tidak terlalu bagus, karena biasanya banyak sekali kotoran yang juga ikut terangkat bersama pasir.

Tetapi jika kita ingin mendapatkan pasir dengan kualitas yang lebih baik, maka kita dapat membelinya pada saat musim hujan, karena pada saat musim hujan tiba, maka pasir dari atas gunung akan ikut dalam aliran air sehingga kualitas pasirnya juga lebih baik, lebih bersih, dan masih baru turun dari gunung. Tetapi biasanya harga pasir pada saat musim hujan lebih mahal daripada pada saat musim kemarau, alasannya karena pada saat musim hujan debit air sungai akan sangat tinggi, sehingga sulit untuk menambang pasir dari dasar sungai.


Untuk keputusan akhir dalam membeli pasir, sepenuhnya berada di tangan anda. Apakah akan membeli pasir dengan harga yang murah dengan kualitas yang tidak terlalu bagus. Ataukah anda akan membeli pasir dengan kualitas yang baik dengan harga yang lebih mahal.

Tinggalkan Balasan