Pasir dari penambangan bukit pasir

Tidak semua pasir itu ditambang dari dasar sungai, tetapi ada juga pasir yang ditambang dari bukit-bukit pasir. Tetapi saya banyak melihat bahwa kualitas pasir jenis ini tidak terlalu baik, meskipun penjualnya mengatakan bahwa pasir ini sangat baik sekali, tetapi saya tidak percaya karena memang itu adalah semacam ucapan manis dari pedagang agar barang dagangannya cepat laku.


Alasan saya mengatakan bahwa pasir yang ditambang dari bukit-bukit pasir kualitasnya tidak terlalu bagus adalah karena pasir jenis ini sudah banyak sekali tercampur dengan tanah sehingga sebagian sifatnya sudah mengikuti sifat tanah. Yang kedua di dalam pasir ini sudah banyak sekali material organik seperti akar tanaman, daun kering, bahkan sisa-sisa hewan, terkadang juga ada batang pohon.

Sedangkan ciri dari pasir yang baik untuk digunakan sebagai bahan bangunan adalah tidak tercampur dengan material lain, baik itu tanah atau material organik yang lain. Karena dengan adanya material tambahan tersebut membuat kekuatan bangunan menjadi lebih lemah. Apalagi jika kita sampai membuat struktur maka material yang digunakan haruslah material yang kualitasnya baik.

Karena kondisi seperti inilah yang membuat pasir yang ditambang dari bukit pasir menjadi memiliki nilai jual yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pasir yang ditambang dari dasar sungai.


Sebenarnya pasir jenis ini tidak sepenuhnya buruk, karena kita masih dapat menggunakannya pada bagian yang tidak terlalu penting, atau non-struktur. Misalnya kita gunakan sebagai bantalan untuk meratakan dasar pondasi, apapun pondasi yang kita gunakan, baik itu pondasi batu kali, ataupun pondasi cakar ayam/foot plat. Kita juga masih dapat menggunakan pasir jenis ini sebagai pasir urug, yang biasa digunakan untuk meninggikan level lantai.

Tinggalkan Balasan