Harga Kayu Bulian di Jambi

Bagaimanapun juga kayu adalah bahan bangunan yang masih menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia secara umum. Meskipun sekarang sudah banyak diproduksi bahan bangunan yang lebih modern, tetapi tampaknya pandangan masyrakat Indonesia terhadap kayu masih belum dapat digantikan.


Sedangkan saat ini saya sedang berada di Jambi karena ada proyek, sambil bekerja saya juga mengamati beberapa jenis kayu yang ada di sini. Beberapa orang yang ada di Jambi ini mengatakan bahwa kayu terbaik di Jambi ini adalah kayu ‘bulian’. Bahkan menurut beberapa orang masyarakat yang saya temui, mereka mengatakan bahwa kayu bulian ini lebih kuat dari kayu ulin yang dimiliki oleh pulau Kalimantan.

Sedangkan harga kayu bulian ini di Kota Jambi adalah Rp 75.000/meter, kayu yang saya maksudkan ini adalah harga untuk kayu ukuran kusen pintu atau jendela. Untuk ukuran tersebut masih standar yaitu 5/12, atau 6/12. Tetapi untuk harga daun pintu panel dari kayu bulian adalah Rp 1.500.000/buah.

Sedangkan untuk harga daun jendela dari bahan kayu bulian yang tanpa kaca adalah Rp 300.000 – Rp 400.000/buah, atau harganya juga tergantung dari ukuran besar-kecilnya daun jendela tersebut. Jika semakin besar maka harganya juga akan semakin mahal.

Hanya saja menurut warga sekitar dan juga pekerja di bengkel kayu yang saya temui, mereka mengatakan bahwa jika kita menggunakan daun pintu ataupun daun jendela dari bahan kayu bulian, maka kita harus menggunakan kusennya dari kayu bulian juga. Hal ini menurut mereka, karena jika kita menggunakan daun pintu dari kayu bulian dan kusennya dari kayu jenis lain, maka kusen tersebut akan mudah rusak dan akan hancur duluan, karena tidak cukup kuat untuk menahan kekuatan dari kayu bulian tersebut.

Tetapi ada beberapa kabar yang dikatakan oleh masyarakat sekitar bahwa kayu bulian ini sudah semakin langka, karena itu sebagian sudah mulai dilindungi, jadi untuk penggunaannya tidak bisa sembarangan. Dan lagi bahwa jika kita ingin membawa kayu ini keluar daerah nampaknya sekarang sudah tidak bisa lagi, hal ini terkait dengan tidak dikeluarkannya ijin dari dinas terkait.

List harga Kayu Bulian :

No Nama Produk Ukuran Harga
1 Balok Kayu 5/12 atau 6/12 Rp      75.000/m
2 Daun pintu 90 x 200 Rp 1.500.000/buah
3 Daun jendela (tanpa kaca) Kecil Rp    300.000/buah
4 Daun jendela (tanpa kaca) Besar Rp    400.000/buah

 


Untuk harga yang saya tampilkan di atas, saya dapatkan di daerah Kota Jambi pada periode September 2016

11 komentar untuk “Harga Kayu Bulian di Jambi”

    1. Saya kemarin melakukan survei di daerah Pecinan, dekat jalan yang mengarah ke bandara, cuma saya lupa nama daerah dan alamat pengrajin kayu itu. Karena sekarang saya juga sudah pulang ke Malang lagi, karena kemarin ngerjakan proyek saja.

Tinggalkan Balasan