Tanah Terbuka adalah Penutup Halaman yang Paling Ramah Lingkungan

Pada artikel sebelumnya saya telah memberikan tentang beberapa jenis penutup halaman yang biasa digunakan oleh masyarakat kita. Tetapi saya menganggap bahwa tidak semua bahan yang digunakan untuk penutup halaman tersebut adalah bahan yang ramah terhadap lingkungan.


Pada artikel ini saya akan menekankan bahwa bahan yang paling baik, jika digunakan sebagai penutup halaman adalah jika tanah tersebut dibiarkan berupa tanah kosong saja, jika ingin lebih indah dan lebih ramah lingkungan, maka halaman tersebut bisa ditanami dengan rumput hias, seperti halnya rumput gajah mini, atau rumput jepang.

Mengapa saya menganggap bahwa tanah yang tidak diberi perkerasan apa-apa, ataupun yang ditanami rumput adalah pilihan yang paling baik sebagai bahan penutup lahan yang ramah lingkungan. Alasan pertama, karena tanah yang tidak diberi perkerasan atau tanah yang terbuka, akan menggunakan fungsinya sebagai penyerap air hujan yang turun. Sehingga air hujan tidak hanya dibiarkan lewat, untuk mengalir begitu saja. Tetapi sebagian besar akan diserap oleh tanah terlebih dahulu, dan baru sisanya yang akan dibiarkan mengalir.

Akibat yang akan ditimbulkan oleh air hujan yang diserap oleh tanah, adalah kondisi tanah yang akan tetap terjaga ketinggiannya. Contoh akibat yang paling nyata dari penutupan permukaan tanah, yang paling nyata adalah, ketinggian tanah di Jakarta saat ini yang mengalami penurunan, hingga kondisinya sekarang sebagian besar tanah di Jakarta berada di bawah permukaan air laut. Hal ini karena jumlah air tanah yang ada di Jakarta banyak disedot keluar, tetapi sedikit air yang bisa dimasukkan kembali ke dalam tanah.

Lagi pula jika anda menggunakan air sumur, sebagai sumber air bersih keluarga, maka jika halaman anda adalah tempat yang terbuka, maka kemungkinan besar sumur anda akan senantiasa terjaga jumlah airnya. Apalagi jika ditambah dengan pembuatan sumur resapan pada daerah tangkapan air, maka dapat dipastikan bahwa pada saat sumur lain di sekitar anda mulai mengering, maka sumur anda akan tetap mengeluarkan airnya. Hal ini karena pada musim hujan, jumlah air yang terserap ke dalam tanah, akan menjadi sangat banyak sekali.


Saya menganggap bahwa halaman yang diberi tambahan rumput, sebagai penutupnya, maka rumput tersebut juga akan membantu penyerapan air hujan untuk dapat lebih cepat meresap ke dalam tanah. Lagi pula rumput-rumput tersebut juga akan menyediakan oksigen yang akan sangat kita perlukan, bahkan juga dapat membantu untuk menyerap polusi udara, bahkan pada saat musim kemarau, untuk lahan yang diberi penutup rumput, maka halaman tersebut akan lebih sedikit berdebu.

Tinggalkan Balasan