Istilah Banci / Sket dan Asli pada Besi Tulangan Beton

Jika anda membeli besi tulangan beton di toko bangunan, maka anda akan diberikan banyak pilihan harga, meskipun yang anda tanyakan, misalnya adalah besi Ø 6 (besi dengan ketebalan diameter 6 mm) dan jangan berfikir bahwa semua besi yang harganya berfariasi tersebut akan memiliki ukuran dan kualitas yang sama. Karena di pasaran diameter besi tersebut bisa saja hanya 5,8 mm, bahkan ada juga yang menyebut ketebalan besi 5,2 mm sebagai besi Ø 6.


Untuk besi tulangan beton yang ada di pasaran mungkin saat akan membelinya, akan menyebutkan sebuah angka yang bulat / utuh. Tetapi pada kenyataannya di pasaran ukuran dari besi untuk tulangan beton sangat beragam ukurannya.

Selain dari diamter besinya, biasanya ukuran panjang dari besi tersebut juga tidak utuh. Misalnya saja untuk ukuran standar besi di pasaran adalah 12 meter pas, tetapi pada kenyataannya kita bisa mendapatkan besi dengan panjang tidak sampai 12 m. Kemungkinan kita bisa mendapat besi dengan panjang 11,7 m atau bahkan bisa sampai 11,5 m.

Jika di rumah saya untuk besi yang memiliki ukuran tidak utuh, misalnya untuk diameter besi yang tidak utuh ataupun untuk panjang besi yang tidak utuh, kami menyebutnya dengan istilah besi banci. Tetapi untuk besi yang ukurannya utuh misalnya saja untuk panjang dan diameternya, maka kami akan menyebutnya sebagai besi asli.

Istilah asli atau banci selain berhubungan dengan kekuatan dari besinya, karena besi yang diameternya lebih besar akan memiliki kekuatan yang tinggi. Tetapi yang jadi masalah, besi yang ukurannya lebih besar akan memiliki harga jual yang lebih mahal, sehingga akan menambah ongkos pengerjaan. Sedangkan untuk pengembang, penambahan biaya seperti ini akan mengurangi keuntungan.

Karena itu sebagian orang yang ingin mendapatkan besi dengan harga yang lebih murah, maka orang tersebut akan lebih memilih untuk menggunakan besi banci.


Tetapi saran saya, bahwa jika itu adalah rumah anda sendiri, maka jangan terlalu perhitungan untuk masalah struktur, terutama untuk besi tulangan dan adukan betonnya. Karena kekuatan rumah saat ini bertumpu pada struktur tersebut. Jadi, sebaiknya jika ingin menggunakan besi banci / asli, sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahlinya, karena boleh dibilang bahwa rumah adalah bangunan yang sekali dibuat akan digunakan untuk selamanya.

Tinggalkan Balasan