Kualitas Sanitasi yang Buruk di Perumahan Murah

Di tempat tinggal saya saat ini, sudah cukup banyak pembangunan perumahan murah, sehingga jika ingin melihat fasilitas yang ada di dalamnya, maka itu hal yang mudah. Selain itu jika ingin melihat kualitas dari perumahan itu, juga mudah dilakukan, karena biasanya memang tidak membutuhkan waktu lama sampai perumahan tersebut mengalami kerusakan parah, ataupun sampai hancur.


Tetapi pada artikel ini saya ingin lebih menitik beratkan tentang kondisi sanitasi yang ada di perumahan murah yang ada di sekitar rumah saya. Untuk anda yang belum mengetahui tentang istilah sanitasi, biasanya sanitasi dihubungkan dengan semua hal yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri penghuninya.

Sedangkan beberapa hal yang ada dalam fasilitas sanitasi, yaitu : pemipaan air bersih (pipa PDAM, sumur, dll), pemipaan air kotor (baik yang menuju ke saluan pembuangan kota, ataupun yang menuju saptic tank, ataupun yang menuju sumur resapan), selain itu masih ada juga bak saptic tank dan sumur resapan, yang pasti semuanya itu beserta dengan kelengkapannya.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mendengar cerita bahwa kondisi air buangan dari kamar mandi di salah satu rumah kenalan saya, ternyata setelah beberapa bulan digunakan langsung menjadi mampet, dan tidak bisa lagi mengalirkan air dari kamar mandi menuju selokan, dan pada saat dilakukan pembongkaran lantai rumah, ternyata tidak ditemukan saluran pembuangannya (pipa), jadi pipa yang muncul hanya ada pada bagian kamar mandi dan sebagian lagi muncul di dekat selokan.

Sehingga sepanjang kamar mandi sampai ke selokan tidak ada lagi pipa yang lain, dan sudah pasti air dari kamar mandi akan mengalir kemana-mana, dan saat air tersebut sudah tidak dapat diserap oleh tanah, maka sudah pasti air akan muncul sebagai genangan. Untuk kemunculannya sendiri bisa dimanapun, kadang di dapur, kadang juga ruang keluarga.

Bahkan ada juga pengembang yang tidak membuat bak penyimpanan kotoran / saptic tank, sehingga dalam beberapa bulan setelah ditempati, maka lantai rumah akan pecah-pecah, dan mulai mengeluarkan kotoran, bahkan baunya sudah sangat menyengat dan saya yakin anda tidak akan tahan dengan kondisi tersebut.

Selain itu pipa-pipa yang digunakan kualitasnya juga sangat buruk, sehingga untuk pemipaan air bersih, kita akan cukup sering untuk melakukan perbaikan. Sedangkan untuk pemipaan air kotor, mungkin kita tidak akan mengurusi perbaikan pipa rusak, karena terkadang rumah kita memang tidak dipasang saluran pipa pembuangan air kotornya. Jadi, lebih tepatnya kita yang harus memasangnya sendiri

Biasanya hal yang selalu dikorupsi, adalah sesuatu yang tidak terlihat oleh mata telanjang, misalnya instalasi listrik, instalasi air bersih dan air kotor, material untuk atap, bahan bangunan yang ada di balik tembok, seperti besi, semen, pasir, koral. Boleh dibilang, bahwa semuanya itu kualitasnya sangat jelek


Sedangkan bahan yang akan dibuat terlihat bagus misalnya seperti kusen pintu dan jendela, beserta daun pintu dan jendelanya. Tampilan luar rumah pastinya juga akan dibuat sangat baik, selain itu biasanya dalam pengecatan juga akan menggunakan cat yang kualitasnya baik. Tetapi selain itu, kemungkinan bahan yang lain kualitasnya jelek.

Tinggalkan Balasan