Papan Kayu MDF (Medium Density Bord)

Di masa modern sekarang ini kebutuhan bahan untuk funiture menjadi sangat banyak, tetapi seperti kita tahu bahwa bahan baku kayu, juga semakin sulit didapatkan, karena jumlah hutan yang ada, sudah semakin menyusut. Untuk mensiasati kebutuhan kayu yang semakin tinggi tersebut, maka sekarang ada banyak bahan olahan kayu yang menggunakan kayu bekas pakai.


Salah satu bahan baru tersebut adalah papan MDF (Medium Density Bord), untuk di pasaran saya tidak tahu apakah ada nama lain dari papan MDF ini, karena saat saya membeli lemari ataupun meja komputer, saya hanya menyebutkan produknya saja.

Meskipun berbentuk seperti papan kayu utuh, ternyata sebagian besar furniture yang saya beli tersebut, hanya susunan serpihan kayu yang kemudian ditempeli sticker saja, sedangkan jika sticker tersebut dilepas, maka serpihan kayunya akan terlihat dengan jelas, bahkan saat mencoba untuk mencongkelnya maka potongan-potongan kayu tersebut akan dapat diamati dengan lebih jelas lagi.

Memang saya akui bahwa produk furniture yang menggunakan bahan MDF ini memiliki harga jual yang jauh dibawah furniture yang menggunakan bahan kayu solid. Sehingga bagaimanapun juga karena faktor harga inilah, maka mau tidak mau orang akan lebih memilih perabotan dari bahan MDF ini.

Lagi pula saat saya melihat dan mencoba furniture dari bahan MDF juga tidak terlalu jelek baik modelnya, maupun dari pilihan warnanya, bahkan mungkin warnanya bisa lebih kaya dari pada kayu solid, sedangkan untuk kekuatanya boleh dibilang cukup kuat, dan pastinya kekuatan ini cukup sesuai dengan harga jualnya.

Meskipun beberapa pihak ada yang mengatakan bahwa produk yang menggunakan bahan MDF cukup jelek untuk kesehatan kita, tetapi saya rasa efek terhadap kesehatan ini, tidak akan membuat orang menjadi takut menggunakannya, karena memang harga jualnya yang cukup murah dan terjangkau, sehingga mungkin furniture dari bahan ini yang mampu untuk dibeli.


Sebagai catatan juga, bahwa selama ini saya menggunakan berbagai furniture dari MDF, saya merasa cukup puas, terutama jika dibandingkan dengan produk plastik atau kayu solid.

Tinggalkan Balasan