Mengapa Membuat Beton Harus Menggunakan Air Tawar

Dalam membuat campuran beton, air adalah salah satu bahan yang sangat penting, hal ini karena air adalah bahan yang dapat mengaktifkan sifat dari semen yang sebelumnya berupa serbuk, lalu kemudian saat semen tersebut diberi air, maka akan berubah menjadi pasta, kemudian pasta inilah yang akan mengikat pasir dan batu menjadi satu kesatuan, dan saat campuran ini telah mengering maka beton ini akan terbentuk, dan saat beton ini terbentuk, maka campuran ini sudah memiliki kekuatan dan sifat batu.


Pada saat kita membuat beton, dan air yang kita gunakan tersebut bersifat asin atau sudah terkontaminasi dengan air laut. Yang terjadi adalah bahwa sifat asin dari air tersebut bisa saja menghilangkan sifat dari semen yang sebelumnya dapat berubah menjadi pasta yang mengikat, kemudian karena air yang kita gunakan tersebut berasa asin, maka sifat dari pasta semen tersebut bisa saja berkurang atau bahkan menghilang sama sekali. Karena daya rekat semen tersebut menjadi menurun, maka hal ini secara langsung dapat mengurangi kekuatan beton kita.

Lalu hal lain yang mungkin saja terjadi jika kita menggunakan air yang berasa asin, adalah kemungkinan terjadinya karat pada besi tulangan yang ada di tengah-tengah beton. Jika sampai tulangan beton ini mengalami karat maka bukan tidak mungkin bahwa kekuatan dari tulangan tersebut akan menurun, yang akhirnya juga akan melemahkan kekuatan struktur tersebut secara keseluruhan.

Berhati-hatilah terhadap sesuatu yang bersifat asin, jika kita menggunakan bahan yang terbuat dari besi, baja, atau logam yang lain, karena sifat asin tersebut akan dapat mengakibatkan korosi/karat, dan seperti yang sudah kita ketahui bahwa karat dapat melemahkan bahan logam yang akan kita gunakan tersebut, bahkan jika sudah sampai parah maka bahan logam tersebut akan seperti biskuit saja, yaitu sangat mudah untuk patah dan hancur.


Lalu jika air yang kita gunakan dalam membuat beton tersebut berasa manis, maka yang terjadi adalah waktu yang diperlukan oleh pasta semen untuk menjadi keras akan lebih singkat, hal ini memang tampak bagus bahwa beton yang kita bangun tersebut lebih cepat kering, dan lebih cepat keras. Tetapi yang jadi masalah jika beton yang kita bangun ini lebih cepat keras adalah adanya pelemahan struktur betonnya. Karena semakin cepat beton ini menjadi keras maka kekuatannya juga menjadi semakin melemah.

Tinggalkan Balasan