Harga Besi Cor untuk Tulangan Beton

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan penawaran harga besi tulangan untuk cor beton, dari salah seorang kenalan, dan saya ingin membagikan harga tersebut pada artikel ini. Mungkin harga yang saya berikan ini, bisa sedikit berbeda daerah lainnya, karena itu harga yang saya berikan ini sebaiknya hanya digunakan sebagai reverensi saja.

Sedangkan untuk ukuran besi yang diberikan kepada saya ini hanya sebatas ukuran yang paling sering digunakan dalam pembuatan beton bertulang di perumahan-perumahan, yaitu ukuran besi Ø 6, Ø 8, Ø 10, dan Ø 12. Sedangkan untuk ukuran besi lebih besar, dia tetap menyediakan, hanya saja tidak ditampilkan dalam artikel ini.

Dan harga besi yang saya terima tersebut adalah :

No Keterangan Harga
1 Besi Ø 6, merk hkhk Rp  25,5  rb/batang
2 Besi Ø 8, merk hkhk Rp  43,5  rb/batang
3 Besi Ø 10, merk hkhk Rp  63,5  rb/batang
4 Besi Ø 12, merk hkhk Rp  90,5  rb/batang
     
5 Besi Ø 6, merk GJS, MJM, PRJ, SIS Rp  25     rb/batang
6 Besi Ø 8, merk GJS, MJM, PRJ, SIS Rp  42,5  rb/batang
7 Besi Ø 10, merk GJS, MJM, PRJ, SIS Rp  62     rb/batang
8 Besi Ø 12, merk GJS, MJM, PRJ, SIS Rp  90,5  rb/batang
Besi SNI, panjang 12 meter
9 Besi Ø 7,2 mm Rp  35     rb/batang
10 Besi Ø 7,8 mm Rp  40,5  rb/batang
11 Besi Ø 9,2 mm Rp  51     rb/batang
12 Besi Ø 9,8 mm Rp  61,5  rb/batang
13 Besi Ø 11,2 mm Rp  79     rb/batang
14 Besi Ø 11,8 mm Rp  89     rb/batang

 

Dalam satu batang besi cor tersebut panjangnya 12 meter, dan perlu saya jelaskan juga bahwa meskipun besi tersebut sudah berlabel SNI, tetapi sebenarnya ukuran dari besi tersebut tidak benar-benar angka yang utuh, dan ukurannya biasanya selalu lebih kecil dari pada angka yang ditampilkan.

Mungkin yang perlu saya tambahkan sebagai informasi kepada para pembaca, bahwa di pasaran merk besi, ukuran besi (panjang dan beratnya), beserta kualitas besinya, bisa sangat beragam sekali sehingga akan berimbas langsung kepada harga jual besinya.

Karena itu sama seperti artikel-artikel saya sebelumnya, bahwa dalam bidang konstruksi, harga bahan bangunan yang lebih mahal, biasanya juga memiliki kualitas yang lebih baik. Mungkin jika mengutip pendapat tukang yang ada di daerah tempat tinggal saya, mereka biasa mengatakan bahwa “ada harga ada rupa“.

Tinggalkan Balasan