Mengenal Lantai Parket atau Lantai dari Bahan Kayu

Kata parket sebenarnya merupakan serapan dari bahasa asing yaitu parqquette. Parqquette jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti, yaitu menyusun potongan-potongan kayu untuk dijadikan penutup lantai.


Pada dasarnya yang disebut dengan parket adalah menutup lantai dengan menggunakan bahan kayu, sedangkan teknik dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat kayu menjadi lantai, saat ini sudah ada beberapa cara.

Bagi sebagian orang lantai kayu memiliki keunikan yang tidak akan didapatkan dari lantai keramik ataupun batu, karena corak dan warna kayu sangat khas dan selalu berbeda antara yang satu dengan lainnya, maka pastinya lantai parket yang ada di rumah yang satu akan berbeda coraknya dari lantai parket yang ada di rumah yang lain.

Keunggulan lantai kayu, yaitu tidak mengantarkan dingin, jadi untuk daerah yang memiliki iklim dingin / salju, maka dengan menggunakan lantai parket, akan membuat lantai rumah menjadi lebih hangat. Bahkan lantai parket juga akan ikut membuat suasana rumah menjadi lebih hangat. Hal ini berbeda dengan lantai keramik atau batu, yang lebih baik dalam menyimpan dan mengantarkan hawa dingin.

Mungkin bahan lantai parket dari kayu kelapa kalah tenar dengan lantai parket dari kayu jati atau kayu merbau, tetapi saat ini penggunaan kayu kelapa sebagai bahan pembuatan lantai parket semakin banyak diminati.

Terutama karena sumber bahan bakunya yang lebih mudah didapat, ditambah lagi dengan jumlah pohon kelapa di alam yang masih banyak, maka hal ini membuat harga jual parket kayu kelapa, menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan parket dari bahan kayu yang lain. Untuk harga saat ini kayu parket limbah kelapa dijual dengan harga Rp 400.000 / m².

Biasanya kayu yang digunakan sebagai bahan pembuatan lantai kayu adalah kayu sisa atau kayu limbah dari pemrosesan yang lain. Jadi, agar limbah kayu yang terbuang tidak terlalu banyak, maka saat ini banyak yang menggunakan limbah tersebut sebagai bahan pembuatan parket.


Dan lantai parket dari bahan kayu kelapa akan kita bahas lebih banyak pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan