Pengalaman Tinggal di Bawah Tiang SUTET

Untuk anda yang belum tahu, SUTET memiliki singkatan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi. Jika biasanya anda sering melihat tiang listrik besar dengan cabang-cabang yang banyak dan memiliki kabel yang ukurannya besar-besar, maka itulah yang disebut dengan SUTET.


Hampir semua SUTET diletakkan pada jalur transmisi pembangkit listrik yang berasal dari pembangkit besar. Selain itu pengiriman listrik dengan menggunakan SUTET bisa menjangkau daerah yang jauh. Perlu anda tahu, bahwa dalam pengiriman listrik, akan ada banyak daya yang hilang di tengah jalan. Sehingga untuk mengatasinya, tegangan listrik harus dibuat sangat tinggi, lalu setelah sampai di tempat tujuan, tegangan listrik akan kembali diturunkan kembali.

Karena itu, rata-rata daerah yang dilewati SUTET adalah daerah yang berbahaya. Pada saat ada aliran listrik yang melewati kabel SUTET, maka bersamaan dengan itu juga akan tercipta gelombang elektromagnetik (magnet yang berasal dari listrik), dan gelombang elektromagnetik inilah yang akan mengganggu kesehatan orang yang ada di sekitarnya. Bahkan ada artikel yang mengatakan, jika gelombang elektromagnetik ini bisa sampai menyebabkan kangker dan kematian.

Ada satu perumahan di dekat rumah saya, yang daerahnya dilewati menara SUTET, pada saat itu karena sudah membaca beberapa artikel tentang bahaya jika tinggal di dekat SUTET, maka saya penasaran apakah warga yang tinggal di sana juga mengalami permasalahan kesehatan.

Sebenarnya memang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, apakah kesehatan warga terganggu atau tidak, karena itu memang selanjutnya harus dilakukan dengan metode wawancara langsung kepada warga yang bersangkutan.

Setelah saya bertanya kepada salah seorang warga, ternyata yang membuat saya terkejut, dia mengatakan bahwa dia dan keluarganya baik-baik saja, meskipun sudah tinggal di bawah kabel dan tiang SUTET selama beberapa tahun. Lalu saya menanyakan apakah dia tahu jika tinggal di bawah tiang dan kabel SUTET, bisa mengganggu kesehatan?

Ternyata dia tahu, dan sebelumnya dia sempat khawatir dengan hal tersebut. Tetapi sebelum dia membangun rumah di tempat itu, ternyata dia sudah pergi ke kantor PLN untuk menanyakan hal tersebut. Dan pihak PLN, mengatakan jika menara SUTET tersebut masih aman, karena aliran listrik yang melewatinya tidak terlalu besar tegangannya.


Karena mendapat penjelasan dari PLN, maka warga tersebut berani untuk membangun dan menempati rumah tersebut. Bahkan saat ini sepanjang jalur SUTET tersebut telah penuh dengan rumah, dan kondisi rumah di tempat itu juga bagus-bagus, saya melihat bahwa tidak ada tanda-tanda rasa takut dari warga di sana.

Tinggalkan Balasan