Omset dan Prospek Pekerjaan Menjadi Tukang Kunci

Beberapa waktu yang lalu, ada salah seorang teman di Jakarta, yang melakukan wawancara kepada salah seorang tukang kunci, yaitu saat dia menggandakan kunci di tempat orang tersebut. Hasil dari wawancara tersebut, akan saya bagikan di artikel ini.

Pertama ongkos untuk menggandakan sebuah kunci rumah adalah Rp. 25.000, sedangkan untuk sebuah kunci motor Rp. 50.000, dan untuk kunci mobil dikenakan biaya Rp. 70.000 perbuah.

Lalu berikutnya, modal yang dia keluarkan untuk membeli kunci yang belum dibentuk yaitu: untuk sebuah kunci rumah dia beli dengan harga Rp. 4.000, untuk sebuah kunci motor Rp. 10.000, dan untuk sebuah kunci mobil Rp. 15.000.

Rata-rata, tukang kunci yang ditanya-tanya tersebut mendapat Rp. 200.000 untuk kondisi yang sangat sepi, tetapi jika kondisi sedang ramai, maka dia bisa mendapatkan uang sampai Rp. 1.000.000. Kalau ditotal sebulan, dan setelah dikurangi dengan biaya beli material kuncinya, sewa bedak, dan biaya listrik. Maka tukang kunci tersebut, bisa mendapatkan Rp. 10.000.000 sampai Rp. 20.000.000 dalam sebulan.

Untuk sewa bedaknya, tukang tersebut harus membayar Rp. 500.000 perbulan. Sementara untuk biaya listrik sebulan, dia mengisi token senilai Rp. 300.000. Jadi, boleh dibilang bahwa itu adalah pendapatan rata-rata yang dia dapatkan dalam sebulan.

Tetapi perlu diingat bahwa lokasi bedak, juga merupakan hal yang sangat penting, dan menentukan ramai atau sepinya usaha. Dan pastinya semakin strategis suatu lokasi, maka harga sewanya juga semakin mahal, jadi hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin memulai usaha sebagai tukang kunci.

Lagi pula biaya di atas, masih tidak termasuk peralatan, mesin-mesin, dan semua perlengkapan yang diperlukan untuk  mengisi bedak. Jadi, biaya awal memulai usaha tukang kunci juga cukup mahal. Lagi pula, kota besar dengan kota kecil juga akan sangat berpengaruh pada jumlah kedatangan konsumen, belum lagi ongkos menggandakan kuncinya juga berbeda pula. Hal ini perlu menjadi pertimbangan anda sekalian.

Tetapi mengingat prospek, bahwa pekerjaan tukang kunci merupakan pekerjaan yang masih sangat dibutuhkan masyarakat, maka sepertinya usaha ini, layak untuk dijadikan pertimbangan.

Tinggalkan Balasan