Fungsi Pondasi pada Suatu Konstruksi Bangunan

Pada saat anda sedang ingin membeli perumahan atau rumah, mungkin anda dijelaskan tentang pondasi yang digunakan oleh bangunan tersebut. Tetapi mungkin saja pada saat itu anda tidak begitu paham tentang apa itu yang disebut sebagai pondasi. Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pondasi tersebut.

Yang disebut dengan pondasi adalah bagian bangunan yang terletak pada bagian terbawahnya. Memang dari segi bentuk ukuran dan bahannya, ada berbagai macam. Biasanya pembuatan pondasi ini akan disesuaikan dengan ketersediaan bahan, kondisi daya dukung tanah tempat rumah tersebut, banyaknya bencana yang terjadi di tempat itu (terutama gempa bumi).

Untuk fuungsi utama dari pondasi, yaitu untuk menjaga posisi dari bangunan atau sebuah konstruksi agar tetap berada di tempatnya, dalam artian bangunan tersebut tidak miring ataupun sampai amblas. Tetapi meskipun demikian, tetap saja dalam beberapa waktu pasti saja bangunan tidak ada

Dalam proses menjaga agar banguann dan konstruksi tersebut tetap berada di posisinya, ponadasi juga harus dibuat agar dapat menahan beban-beban yang sudah ada sejak awal pengerjaan, dan juga beban-beban yang akan ditambahkan saat bangunan dan konstruksi tersebut telah selesai dibangun.

Jika boleh saya gambarkan bahwa fungsi dari pondasi pada suatu bangunan atau konstruksi adalah sama seperti fungsi dari akar sebuah pohon ataupun tanaman. Intiya akar akan menjaga pokok pohon tetap berada pada posisinya selama mungkin, walaupun apa yang terjadi menimpa pohon tersebut, misalnya angin kencang dan gempa bumi.

Tinggalkan Balasan