Alasan Mengapa Pasir Lumajang Memiliki Kualitas yang Bagus, Sehingga Banyak Diminati Masyarakat

Untuk di daerah Jawa Timur sendiri, pasir Lumajang adalah jenis pasir yang banyak diminati dalam dunia konstruksi, baik itu yang skalanya besar, maupun yang skalanya kecil seperti rumah sederhana.

Ada banyak hal yang menyebabkan mengapa pasir Lumajang menjadi begitu diminati masyarakat. Hal utama yang menyebabkan itu terjadi yaitu pasir Lumajang memiliki kualitas yang sangat baik, salah satu indikiasi yang dapat kita amati yaitu memiliki warna hitam pekat dengan kandungan batunya yang relatif lebih kecil.

Meskipun pada dasarnya, saya tidak tahu kondisi di tambangnya seperti apa, tetapi pasir Lumajang yang dijual dipasaran di daerah rumah saya kondisinya seperti itu, mungkin saja pasir tersebut telah diayak sebelumnya, tetapi kondisinya di pasaran seperti itu.

Banyak orang percaya bahwa pasir Lumajang berasal dari letusan Gunung Semeru, sehingga seperti kita tahu bahwa pasir ini setiap beberapa waktu akan terus-menerus diperbaharui, karena sampai sekarang Gurung Semeru masih merupakan gunung yang aktif dan masih sering mengalami erupsi setiap beberapa waktu sekali.

Pasir ini dikatakan baik, dapat dilihat dari butirannya yang relatif kasar, dan tidak saling menempel, kalau bahasa Jawanya pasir tersebut ambyar ketika digenggam. Dengan jumlah batu besarnya yang lebih sedikit, maka kegiatan pengayakan menjadi lebih mudah, bahkan kadang tidak perlu diayak, atau batu besarnya cuma perlu diambil satu-persatu saja, karena jumlahnya yang lebih sedikit.

Pasir yang kasar, itu akan membuat ikatan yang sangat kuat saat dicampurkan dengan semen, gesekan antar permukaan kasar dari pasir akan membuat gesekan yang menyebabkan ikannya menguat. Begitu juga sebaliknya, jika permukaannya halus, maka gesekannya menjadi minim, dan kekuatannya juga menurun.

Karena hal tersebut di atas, maka pasir yang bagus seperti pasir Lumajang ini, saat digunakan sebagai spesi, acian, ataupun campuran beton, maka pasir ini akan menghasilkan kekuatan yang lebih besar, sehingga pastinya akan membuatnya lebih kokoh, lebih awet, dan lebih tahan lama.

Dalam dunia konstruksi, bahwa kualitas yang bagus, itu berarti harga yang lebih mahal. Jadi, ada kualitas maka ada harga.

Tetapi, perlu anda sekalian ingat, bahwa semua keunggulan yang telah saya sampaikan di atas bukan berarti, anda harus membeli pasir Lumajang, karena pilihan terakhir tetap berada di tangan para pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan