Memilih Pasir yang Baik Untuk Membangun Rumah

Untuk saat ini, sepertinya bangunan rumah yang menggunakan bahan-bahan organik seperti kayu dan bambu semakin sedikit jumlahnya, dan mulai digantikan sepenuhnya dengan bangunan yang terbuat dari bahan-bahan permanen yang lebih tahan lama, dan lebih tahan terhadap cuaca, seperti batu bata, batako, bata ringan, beton dan bahan yang sejenis dengan itu.

Karena pergeseran bahan bangunan ini, maka penggunaan pasir kali / pasir sungai menjadi sangat vital sekali. Boleh dibilang bahwa, apapun bahan yang kita pilih untuk membangun rumahnya, tetap saja pasir adalah bahan yang diperlukan.

Tetapi dengan kebutuhan pasir yang semakin hari semakin meningkat, maka jenis-jenis pasir yang ada di lapangan jumlahnya menjadi semakin banyak saja, dan pastinya karena jumlahnya yang banyak tersebut, maka hal ini membuat konsumen menjadi bingung untuk memilihnya.

Kualitas pasir terbaik adalah yang pasir yang yang memiliki warna hitam pekat, saat digenggam pasir ini tidak saling menempel. Biasanya pasir ini berasal dari dasar sungai, kualitasnya yang baik juga dapat dilihat jika tidak memiliki kandungan tanah dan sampah. Sama seperti bahan bangunan yang lain, bahwa bahan yang kualitasnya baik, maka harga jualnya juga pasti mahal, lagi pula harga jual yang mahal ini juga disebabkan karena jumlahnya yang sedikit.

Karena itu, untuk membuat agar harga pasir menjadi terjangkau bagi masyarakat, maka biasanya penjual pasir akan mencampur pasir sungai yang bagus tersebut, dengan menggunakan tanah biasa. Dan pada akhirnya jumlah tanah yang ditambahkan ke dalam pasir inilah yang kemudian menentukan seberapa tinggi kualitas pasirnya. Jadi semakin banyak jumlah tanah yang dicampurkan ke dalam pasirnya, maka semakin jelek juga kualitas pasir tersebut, dan semakin murah harganya.

Pastinya semakin bagus kualitas bahan bangunan yang digunakan, maka akan membuat awet bangunan tersebut. Dan demikian juga sebaliknya. Karena itu, dalam memilih pasir sebaiknya dipikirkan dulu, antara ketersediaan dana, dan tujuan pembuatan bangunan.

Yaitu, apakah bangunan tersebut akan digunakan untuk tujuan jangka waktu yang lama, ataukah hanya digunakan untuk sementara saja. Sehingga kualitas bangunan tersebut dapat ditentukan sejak pemilihan bahan yang digunakan.

Tinggalkan Balasan