Kegunaan Pasir Sebagai Bahan Bangunan

Pasir adalah salah satu bahan yang sangat penting dalam kegiatan pembangunan baik itu rumah, gedung ataupun bangunan yang lain, dan beberapa kegunaan pasir adalah :


Pertama, untuk melekatkan batu bata yang satu dengan batu bata yang lain, kita memerlukan spesi, dan dalam campuran spesi terdapat terdapat dua komponen penting yaitu pasir dan juga semen.

Yang kedua dalam membuat beton/concrete, kita juga memerlukan campuran antara batu, semen, dan pasir.

Ketiga, untuk melapisi dinding batu bata kita akan membuat plester (dalam bahasa Jawa: pelur), dalam campuran pelur tersebut kita juga memerlukan pasir dan semen sebagai bahan utamanya.

Selanjutnya untuk memasang lantai keramik, kita juga memerlukan campuran antara pasir dan semen sebagai bahan utamanya, pertama campuran tersebut diletakkan pada dasarnya lalu keramik digunakan sebagai penutupnya.

Jika kita tidak menggunakan bata merah, tetapi mengunakan batako maka sebagai bahan utama dari batako tersebut adalah pasir.

Saat ini ada banyak sekali komponen bangunan (kusen, angin-angin, genting) yang menggunakan beton sebagai bahan dasarnya, dan semua komponen bangunan tersebut pasti menggunakan pasir sebagai capuran utamanya.

Ada bahan bangunan yang menggunakan pasir sebagai bahan utamanya, tetapi sudah memiliki bentuk yang sangat berbeda sekali dari bentuk aslinya. Bahan bangunan tersebut adalah kaca, jika kita sebagai orang awam tentu tidak akan menyangka bahwa kaca dihasilkan dari pasir.

Selain kaca, pasir juga dapat dibuat menjadi pelengkap interior rumah, bahan yang dimaksud adalah keramik. Sebagian keramik juga dihasilkan dari pasir.

Selain untuk bangunan dan interiornya, pasir juga sangat dibutuhkan dalam proses perkerasan jalan. Baik itu menggunakan beton, paving, ataupun juga aspal, semuanya menggunakan pasir sebagai bahan utamanya.


Fungsi pasir yang saya sebutkan di atas adalah sebagian saja dari banyak fungsi lainnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa ilmu tentang bangunan akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya jaman dan berkembangnya teknologi. Jadi masih sangat dimungkinkan, bahwa dikemudian hari nanti fungsi pasir sebagai bahan bangunan akan masih terus berkembang.

Tinggalkan Balasan