Suplemen Penambah Angka Oktan pada Bahan Bakar Kendaraan

Beberapa waktu yang lalu salah seorang kenalan, memberikan semacam kaplet kepada saya. Dia mengatakan bahwa kaplet tersebut berfungsi untuk menaikkan angka oktan pada BBM kendaraan. Jadi, ada kaplet yang difungsikan untuk solar dan ada yang difungsikan untuk bensin.

Pada saat itu memang kaplet yang diberikan kepada saya sebagai contoh adalah kaplet untuk bensin dengan ukuran yang paling kecil, yaitu untuk ukuran tanki sepeda motor. Karena memang ada juga kaplet lain yang ukurannya lebih besar, khusus untuk ukuran tanki mobil.

Dalam bungkus kemasannya disebutkan, bahwa satu kaplet ini jika dimasukkan ke dalam 4 liter bensin, maka angka RON (Recearh Octane Number) bisa bertambah 5 angka. Sedangkan jika dimasukkan ke tanki berisi 8 liter maka angka RONnya akan bertambah 2,5 angka.

Jadi, misalkan saya menggunakan bensin jenis pertalite yang angka RONnya 90, maka setelah diberi kaplet suplemen tersebut, sekarang pertalite yang ada di dalam tanki motor saya angka RONnya akan naik menjadi 95, atau setara dengan pertamax plus.

 

Opini saya setelah menggunakan kaplet suplemen ini :

Keuntungan yang akan kita dapatkan, yaitu bersamaan dengan meningkatnya angka RON pada bahan bakar, maka konsumsi BBM akan turun, jadi bahan bakar bisa lebih awet. Keuntungan lainnya, yaitu proses pembakaran BBM di dalam mesin bisa menjadi lebih baik. Selain itu, olie mesin juga bisa lebih tahan lama, dan dengan naiknya angka RON, maka getaran mesin menjadi lebih lembut,

Memang tidak saya pungkiri, bahwa saat pertama kali menggunakan suplemen ini saya agak ragu, karena apakah memang benar, bahwa kaplet seperti ini bisa menambah angka RON BBM. Tetapi meskipun demikian, saya tetap mencobanya, karena penasaran dan ingin tahu apakah memang benar soal pernyataan tersebut.

Hal yang saya alami, yaitu memang benar apa yang dikatakan, bahwa sangat terasa jika angka oktan pertalite yang saya gunakan menjadi meningkat. Efeknya tarikan gas motor menjadi lebih ringan, getaran mesin motor menjadi lebih halus, dan jarak tempuh menjadi lebih jauh dari biasanya.

Pada saat jarak harga antara pertamax series dengan pertalite tidak terlalu jauh, maka selisih selisih harga antara membeli kaplet ini dengan menggunakan BBM biasa tidak terlalu banyak perbedaan.

Pada saat itu keuntungan yang saya dapatkan, hanya di peningkatan performa kendaraan saja. Baru setelah harga pertamax series meningkat, maka keuntungan dari harga pembelian BBM juga semakin terasa.

Jadi, intinya saya membeli BBM dengan harga pertalite, tetapi performa kendaraan yang saya dapatkan setara dengan pertamax series.

 

Untuk satu kaplet suplemen ini harganya Rp 5.000. Jadi cara pengaplikasiannya, anda tinggal masukkan suplemen ini pada tanki BBM anda setelah mengisi di SPBU, setelah beberapa menit suplemen akan tercampur dengan BBM, dan akan segera bereaksi. Merk suplemen ini yaitu “ECO RACING BLISTER

Saya biasanya mengisi pertalite dengan nominal Rp 25.000 di SPBU, dan bisa saya gunakan untuk perjalanan sejauh 200 Km. Memang jika digunakan untuk berboncengan atau membawa beban berat, maka jarak tempuhnya menurun menjadi sekitar 196 Km. Selain itu, kecepatan berkendara dan kontur jalan juga ikut andil dalam jarak tempuh tersebut.

 

Kelemahan yang saya alami dengan pada saat menggunakan suplemen ini terletak pada tarikan motor yang tidak bisa seketika, jadi harus dinaikkan secara pelan-pelan. Lalu, saat di jalan tanjakan, dan ada kendaraan di depan yang mengerem mendadak, maka biasanya gas motor saya akan turun seketika, dan perlu beberapa saat untuk bisa menaikkannya lagi.

Seorang teman mengatakan bahwa kaplet ini tidak bisa digunakan untuk kecepatan tinggi, atau kebut-kebutan. Tetapi sejauh ini, saya merasa bahwa kekurangan tersebut bukan suatu masalah yang berarti buat saya, karena motor saya setiap harinya hanya digunakan untuk transportasi standart di jalanan perkotaan, dengan rata-rata kecepatan yang rendah. Secara keseluruhan, saya merasa produk kaplet ini memuaskan.

Sekian dari saya, dan jika anda memerlukan informasi tambahan, maka anda bisa menuliskannya pada kolom komentar.

Tinggalkan Balasan