Berbagi Pengalaman Menggunakan Jasa Sedot WC, beserta Besaran Biaya Ongkosnya

Beberapa waktu yang lalu, keluarga saya memiliki keinginan untuk merenovasi kamar mandi kami, pada dasarnya pada saat itu kami hanya ingin mengganti kloset jongkok yang sebelumnya kami gunakan menjadi kloset duduk, karena faktor kesehatan saja yang sudah mulai menurun. Tetapi karena setelah 20 tahun digunakan dan belum pernah direnovasi sama sekali, maka kamar mandi tersebut mulai terlihat kumuh, jadi diputuskan untuk direnovasi secara total.

Lalu, pada saat mulai membongkar wc jongkoknya, tukang yang mengerjakannya mengatakan bahwa septic tank kami sudah mulai penuh, kira-kira kurang 30 cm dari batas maksimalnya. Pada awalnya dia menawarkan untuk membuat septic tank yang baru di samping yang sudah penuh tersebut. Tetapi orang tua saya menolak, dan meminta saya untuk mencari no kontak sedot wc di google, ternyata ada banyak sekali no kontak yang bisa dihubungi, di situ juga sudah tertera harga jasa yang harus kami bayarkan, menurut saya hal tersebut sudah sangat praktis dan memudahkan.

Pada awalnya, saya ragu-ragu untuk menelpon jasa sedot wc tersebut, karena ini pertama kalinya saya melakukan hal ini. Akhirnya saya memilih salah satu diantara yang banyak itu, kebetulan yang saya pilih adalah yang nama perusahannya bermerk prayogo, yang jarak pullnya sekitar 10 Km dari rumah saya, lalu dalam sambungan telpon tersebut saya tanyakan juga berapa ongkos yang harus saya bayarkan nantinya. Saya menelpon jam 11 siang, lalu jam 1 siang mereka sudah sampai di rumah saya, dan jam 2 siang, proses penyedotannya sudah selesai, setengah tiga mereka sudah pulang lagi.

Jadi, boleh dibilang prosesnya sangat cepat sekali, saya bertanya juga kepada tukang sedotnya, mengapa bisa sangat cepat? Dia menjawab bahwa saat itu sedang tidak ada garapan, sehingga mereka bisa langsung meluncur, biasanya jika banyak tempat yang meminta disedot, maka waktu tunggunya bisa sampai tiga hari.

Pada halaman postingan di google, biaya yang harus saya bayarkan Rp. 750.000 / tanki (menurut saya tankinya berukuran voleme 5.000 liter), tetapi setelah saya telpon, operatornya mengatakan bahwa biayanya Rp. 550.000. Karena harganya segitu, maka orang tua saya langsung saja mengiyakan memakai jasa sedot wc tersebut, dibanding jika harus membuat yang baru.

Karena membuat saptick tank baru, menurut keluarga saya, hal ini lebih ribet, lebih banyak waktu terbuang, lebih terlihat kumuh selama pengerjaannya, yang paling sayang adalah tanah yang akan dipakai lokasi, karena masih bisa dipakai untuk hal yang lain.

Bahkan setelah selesai disedot, kami memang membayarnya sebesar Rp. 550.000, tidak ada biaya tambahan lain. Sebelumnya saya khawatir soal panjang selang penyedotnya, apakah cukup panjang? Karena septic tank kami berjarak 20 meter dari jalan tempat parkir kendaraan. Ternyata selang yang mereka gunakan adalah pipa diameter 4 inci yang disambung dengan selang plastik ukuran 4 inci juga, dan hal ini nampaknya bukan masalah bagi mereka.

Ternyata tetangga saya ada juga yang pernah menggunakan jasa sedot wc, bahkan pullnya berada lebih dekat dengan daerah rumah kami tetapi dia mengatakan bahwa biaya yang harus dia bayarkan sebesar Rp. 800.000, mungkin karena hal itu juga, tukang yang mengerjakan wc tadi menyarankan untuk membuat septic tank yang baru.

Saya tidak tahu persis, apa yang menyebabkan perbedaan harga ini, karena tidak ada variabel yang jelas, apakah soal jaraknya, ataukah soal jumlah volume yang disedot. Sepertinya saya menganggap bahwa itu semata-mata hanya patokan harga yang dibuat oleh masing-masing perusahaannya saja, karena itu harga jasanya bisa berbeda-beda seperti itu.

Tinggalkan Balasan