Cara Kerja Cat Pelapis Anti Bocor

Saat ini saya sedang mengerjakan renovasi kamar mandi di rumah saya sendiri, lalu untuk artikel ini saya akan membahas tentang cara kerja cat pelapis anti bocor itu seperti apa? Artikel ini juga merupakan artikel lanjutan dari artikel harga cat pelapis anti bocor sebelumnya.

Sebagai informasi tambahan lagi, bahwa merk dagang cat pelapis anti bocor yang saya gunakan adalah dari merk no drop, warna abu-abu.

Kamar mandi yang diberi cat pelapis anti bocor, memang setelah selesai nampak lebih tahan air, dan tidak mudah basah pada dinding di baliknya. Air dan cipratannya tidak merembes ke dalam dinding. Jadi, airnya langsung dialirkan ke bawah oleh cat tersebut.

Waktu saya akan membuat lubang paku untuk gantungan baju, saya mendapati bahwa cara kerja cat pelapis anti bocor ini mirip seperti cara kerja lem perekat, yaitu cat tersebut memiliki kelenturan yang lumayan baik. Kelenturan tersebut cara kerjanya mirip seperti lapisan karet tipis yang menyelimuti seluruh permukaan dinding.

Lalu lapisan inilah, yang menahan agar air tidak merembes ke lapisan sebaliknya. Mungkin cara kerja cat tersebut, mirip seperti cara kerja jas hujan karet, yaitu ada kelenturannya, ada kekuatan renggangnya.

Berbeda halnya dengan cat tembok biasa, karena lapisannya berbentuk mirip seperti biskuit, yaitu keras tetapi mudah hancur, terutama saat kita akan membuat lubang di dinding. Cat tembok biasa juga menyerap air yang ada di permukannya dengan baik, bahkan dapat merembeskannya ke dalam tembok dengan baik. Sehingga hal inilah yang menyebabkan lembab, dan memicu timbulnya jamur serta lumut.

Jadi, gambarannya seperti ini, misalkan saja genting rumah anda mengalami rembes, dan anda memberikan cat pelapis anti bocor pada bagian tersebut, maka cat tersebut akan berfungsi seperti jas hujan yang menutupi bagian yang diberi cat.

Sebulan setelahnya, saya mengamati sisa cat pelapis anti bocor yang ada di kaleng bekasnya, ternyata cat tersebut berubah menjadi sangat keras, bahkan menurut saya kekerasannya mirip seperti batu kerikil. Jadi, mungkin saja cat yang telah disapukan pada dinding, juga akan mengalami perubahan yang sama seperti itu.

 

Tinggalkan Balasan