Cara Pasang Jaringan Air Baru dari PDAM


Berbeda dengan kondisi di sebagian besar kota besar yang ada di Indonesia, bahwa jaringan pipa air bersih dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sudah tersedia dengan lengkap. Karena untuk di daerah sekitar rumah tinggal saya, pipa jaringan air bersih dari PDAM baru saja di sambung masuk ke dalam kampung, sebelumnya pipa tersebut hanya menyambungkan untuk sebagian rumah dan toko yang ada di sepanjang jalan besar saja, dan tidak masuk sampai ke kampung.
Sebelumnya warga di sekitar rumah saya, menggunakan air sumur sebagai sumber air bersihnya, Karena itu pada saat pertama kali petugas dari PDAM memasang saluran pipa tersebut, tidak terlalu banyak masyarakat yang antusias untuk memasang sambungan baru ke rumahnya, hal ini karena sebagian besar masyarakat sudah merasa tercukupi kebutuhan air bersihnya dengan adanya sumur di rumah masing-masing.
Sebenarnya pada saat itu biaya untuk pemasangan sambungan instalasi pipa dari PDAM masih tergolong sangat murah, hal ini karena mereka masih dalam masa promosi ke masyarakat. Pada saat itu biaya pemasangan sambungan baru hanya dikenakan biaya Rp 600.000, masa promosi tersebut hanya berlangsung selama sebulan saja. Selanjutnya masyarakat yang ingin memasang sambungan baru dikenakan biaya normal sekitar Rp 1.000.000, untuk biaya administrasi dan biaya lain-lain saya kurang tahu, karena memang saya tidak ikut memasang.
Pada saat itu memang masih belum banyak masyarakat yang memasang sambungan pipa baru, tetapi ternyata beberapa waktu setelah itu, daerah sekitar rumah saya mengalami masalah kekeringan yang cukup parah, karena sekitar setahun penuh daerah sekitar tempat tinggal saya tidak ada hujan yang turun. Akibatnya, banyak sumur milik warga yang menjadi kering.
Karena kebutuhan air yang sangat mendesak itulah, maka kemudian banyak masyarakat yang memasang sambungan air baru ke PDAM. Pada saat itu kebanyakan masyarakat yang saya tanya mengatakan bahwa biaya untuk pemasangan air baru tersebut berkisar antara Rp 900.000 – Rp 1.000.000.
Mereka mengatakan kepada saya bahwa jika saya ingin memasang sambungan pipa baru ke PDAM, maka sebaiknya saya melakukannya pada saat mendekati Bulan Agustus, hal ini kerena untuk menyambut Hari Kemerdekaan, maka biasanya PDAM akan memberikan diskon, dan terkadang diskon tersebut bisa cukup besar jumlahnya.
Selanjutnya cara untuk memasang sambungan pipa air bersih PDAM yang baru, yaitu pertama kita harus datang ke kantor PDAM yang ada di daerah kita, biasanya setiap kecamatan ada kantornya. Lalu kita tinggal bilang saja kepada resepsionis atau satpam bahwa kita akan memasang sambungan pipa baru. Biasanya kita akan langsung diarahkan ke petugas yang bersangkutan.
Setelah mengisi biodata dan membayar biayanya, maka petugas dari PDAM akan datang ke rumah kita, dan akan melakukan penyambungan pipa, Kalau untuk rumah saya sambungan pipa dari PDAM hanya diberikan satu titik saja, selanjutnya kita tinggal memasang sendiri sambungan tersebut ke titik-titik yang memerlukan air bersih tersebut (mis : kamar mandi, wastafel, tempat cuci piring, dll)
Cukup simple sebenarnya, hanya perlu saya ingatkan lagi bahwa untuk pemasangan instalasi air bersih tersebut adalah tanggung jawab dari pemilik rumah dan bukan tanggungan dari PDAM, karena itu kita harus mengeluarkan biaya sendiri untuk menambah titik air bersihnya (termasuk biaya pipa, kran air, sambungan pipa, dan ongkos pasang).
Mungkin langkah selanjutnya kita tinggal membayar biaya pemakaian air setiap bulannya saja, agar air tersebut tetap dialirkan ke rumah kita.


Tinggalkan Balasan