Mengecat Plafond yang terkena noda Bocor agar tidak Timbul Lagi

Perlu saya ceritakan di sini, bahwa sering saya mengamati plafond yang atapnya bocor, maka air yang menggenang di plafond akan membentuk noda kekuning-kuningan, mirip seperti karat air. Lalu pada saat nodanya sudah semakin banyak dan sering, maka plafond tersebut akan ditumbuhi jamur kehitam-hitaman, jadi warna plafond itu sekarang berwarna kuning kehitam-hitaman, membentuk gambar pulau-pulaunya pun semakin tidak jelas.


Sebenarnya ada cara agar plafond itu terlihat baru kembali, yaitu dengan cara melakukan renovasi secara total pada plafond tersebut. Tetapi pastinya cara ini sangat mahal untuk dilakukan, karena harus melepas plarond yang lama dan menggantinya dengan yang baru. Sedangkan cara kedua, yaitu dengan melakukan pengecatan.

Tetapi perlu saya ingatkan di sini, bahwa plafond yang masih kotor dan penuh noda bekas genangan air tidak akan bisa hilang meskipun sudah di cat. Jika noda tersebut tidak dihilangkan terlebih dahulu maka setelah dicat, noda tersebut akan muncul lagi, jadi plafond yang sudah dicat akan tetap berwarna kekuningan, malah orang akan berfikir bahwa plafond itu belum dilakukan pengecatan sama sekali, karena nodanya masih ada.

Untuk mengghilangkan noda air tersebut pertama-tama anda harus melapisi plafond tersebut dengan menggunakan plamir. Plamir sendiri di daerah saya adalah sebutan untuk campuran semen, kalsium dan lem rajawali (maaf menyebutkan merk), kemudian bahan-bahan tersebut diaduk dengan menggunakan air sampai semuanya tercampur dan menjadi adonan lengket, dan inilah yang kami sebut dengan plamir.

Untuk warna plamir sendiri tergantung dari jenis semen yang digunakan, jadi jika menggunakan semen abu-abu, maka warna plamir menjadi abu-abu, dan jika menggunakan semen putih maka warnanya akan menjadi putih juga.

Plamir tersebut kita saputkan secara merata ke bagian plafond yang ternoda. Kita tunggu sampai lapisan plamir tersebut mengering, kemudian setelah itu baru lapisan plamir dan plafond yang tidak ternoda kita cat bersamaan, sehingga warna semua plafond tersebut akan sama rata.


Dengan cara ini maka noda bekas air hujan tidak akan muncul lagi pada lapisan cat yang baru. Informasi ini diberikan oleh tukang cat yang mengerjakan tempat saya sekarang. Untuk hasilnya akan saya beritahukan kepada anda setelah beberapa waktu, tetapi saya rasa bahwa teori beliau masuk akal dan sepertinya memang itu yang akan terjadi.

Tinggalkan Balasan