Air yang Baik untuk Membuat Beton

Dalam membuat beton kita sangat memerlukan air. Air adalah bahan yang dapat mengaktifkan sifat semen dari yang sebelumnya berupa serbuk, lalu saat diberi air maka semen tersebut akan berubah menjadi pasta lengket, yang dapat mengikat pasir dan juga batu pecah menjadi satu kesatuan, lalu saat kandungan air dalam campuran ini menyusut, maka yang namanya beton akan terbentuk.

Sebaiknya dalam menggunakan air untuk membuat beton, jangan menggunakan sembarang air. Karena pemilihan air juga sangat mempengaruhi kekuatan beton yang akan dihasilkan. Karena itu sebaiknya kita memilih air yang :

  1. Usahakan air yang akan kita gunakan tersebut adalah air yang bersih, jangan gunakan air yang kotor apalagi air keruh, karena kotoran yang ada di dalam air tersebut dapat menguragi kekuatan beton kita, apalagi jika sampai ada campuran lumpur di dalam air tersebut, karena dapat mengurangi daya lekat semen, dan kandungan lumpur tersebut juga dapat membuat beton menjadi mengembang, karena lumpur tersebut dapat bereaksi dengan semen dan air.

    Hasilnya beton yang kita buat tersebut akan menjadi semakin rapuh. Usahakan juga jangan sampai ada sampah yang ikut dalam air yang akan kita gunakan tersebut, karena pastinya juga akan melemahkan beton yang akan kita buat.

  2. Usahakan air yang akan kita gunakan dalam membuat campuran beton adalah air yang berasa tawar. Karena air yang berasa asin dapat menyebabkan korosi pada besi tulangan beton.

    Dan air asin juga dapat membuat sifat liat dari pasta semen yang kita gunakan akan menjadi hilang, sehingga semen yang kita gunakan tersebut menjadi tidak berfungsi sama sekali. Selain itu jika air yang kita gunakan berasa manis, maka dapat membuat beton cepat kering yang pada akhirnya dapat menurunkan kekuatan tekan beton.

  3. Usahakan juga agar air yang kita gunakan bebas dari klorida, karena sifat beton yang menggunakan air yang mengandung klorida akan sama seperti sifat beton yang menggunakan air yang berasa asin. Yaitu akan membuat besi tulangan yang ada di dalam beton menjadi mudah terkena korosi, yang akhirnya juga dapat melemahkan struktur.
  4. Usahakan juga agar saat membuat beton kita jangan sampai air yang kita gunakan sampai tercapur dengan minyak, karena kandungan minyak yang terdapat dalam air, akan dapat melemahkan beton yang sedang kita bangun.

2 komentar untuk “Air yang Baik untuk Membuat Beton”

    1. Sebenarnya larutan gula tersebut malah akan membuat kekuatan dari beton menjadi menurun, karena proses pematangannya menjadi semakin singkat.

      biasanya cara ini hanya dipakai di proyek yang memerlukan kecepatan dalam pembangunan, karena akan mempersingkat waktu pematangan beton, tetapi jika proyeknya tidak terlalu mendapat tekanan waktu pengerjaan maka cara ini jarang sekali diaplikasikan

Tinggalkan Balasan