Mengecat Tembok lalu Turun Hujan, Apa yang Terjadi dengan catnya?

Beberapa hari ini, ada orang yang melakukan pengecatan di rumah saya, jadi saya banyak bertanya-tanya kepada mereka tentang pekerjaan bangunan. Saya tahu bahwa cat tembok yang menetes di lantai, meja, dan kursi saat dilap dengan menggunakan lap basah, maka noda tumpahan cat tersebut akan segera menghilang, dan akan kembali lagi seperti semula.


Kemudian muncul pertanyaan, yaitu bagaimana jadinya jika kita sedang mengecat tembok bagian luar rumah yang tidak terlindung atap, lalu pada saat itu turun hujan. Apa yang akan terjadi dengan cat tembok yang masih basah tersebut?

Jawaban dari tukang yang saya tanyai, bahwa cat tembok yang sudah kering tidak akan luntur seperti yang terjadi pada cat di meja dan lantai, air hujan akan mengalir begitu saja, memang terlihat basah tetapi akan segera kering kembali setelah cuaca panas.

Kondisi ini akan berbeda jika catnya masih basah, cat tersebut akan luntur bersama dengan air hujan dan tingkat pelunturuan tersebut akan sebanding dengan curah hujan yang terjadi pada saat itu.

Lalu biasanya proses pengeringan cat tidak terjadi secara bersamaan, maka biasanya akan ada bagian yang masih utuh tertinggal dan akan ada bagian lain luntur bersamaan dengan hujan. Untuk memperbaikinya, kita harus mengecat ulang dinding tersebut saat kondisi cuaca sedang panas dan dinding tersebut sudah kering.

 

Lalu jika tembok rumah tersebut dicat dengan menggunakan cat kayu dan besi, maka saat sudah kering air hujan akan melewati tembok tersebut dengan sangat lancar, karena permukaan tembok yang dicat dengan cat kayu dan besi akan sangat licin.

Tetapi jika dinding yang dicat dengan menggunakan cat kayu dan besi masih basah, lalu kemudian turun hujan, maka kondisi tembok yang baru dicat tersebut akan mengeluarkan gelembung-gelembung udara pada permukaannya.

Cara memperbaikinya kita harus mengikis cat lama yang sudah menggembung tersebut dan mengecatnya ulang. Karena percuma saja jika cat tersebut dibiarkan, tidak lama lagi gelembung tersebut akan pecah dan kondisi cat akan menjadi belang-belang, dan kondisi dinding tidak akan indah lagi.


Jadi, pada intinya saat kita ingin mengecat dinding luar rumah yang tidak terlindung atap, maka kita harus melakukannya pada saat cuaca sedang cerah.

Tinggalkan Balasan