Harga Kayu Tembesu

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang kayu bulian yang ada di provinsi Jambi, dan sekarang pada artikel kali ini, saya juga akan membahas kayu lain yang ada di pulau Sumatra ini, yaitu kayu ‘tembesu’. Untuk harganya sendiri kayu tembesu memiliki harga jual yang lebih mahal dari pada kayu bulian.

Jika harga per meter kayu bulian yang besarnya 6/12 adalah Rp 75.000, maka jika ditotal harga permeter kubiknya tidak sampai Rp 10.500.000. Sedangkan untuk kayu tembesu ini ditawarkan dengan harga Rp 12.000.0000/m³. Sehingga sudah jelas perbedaan harganya di sini.

Bukan hanya harga perkubiknya saja yang lebih mahal dari pada kayu bulian, ternyata daun pintu kayu tembesu juga dijual dengan harga yang lebih mahal dari pada kayu bulian. Untuk satu buah daun pintu panel kayu tembesu ini ditawarkan dengan harga Rp 6.000.000/buah. Sedangkan untuk kayu bulian saja hanya berkisar di angka Rp 1.500.000/buah.

Saya hanya mendapat informasi soal harganya saja, tetapi untuk kualitas dari kayu tembesu sendiri masih belum banyak informasi yang saya kumpulkan. Tetapi beberapa orang mengatakan bahwa kayu ini juga merupakan jenis kayu cukup kokoh kuat dan memiliki daya tahan yang lama saat digunakan sebagai konstruksi rumah.

Tetapi informasi yang lain yang saya dapatkan soal pohon tembesu ini yaitu soal manfaat dari daun, ranting dan juga cabangnya, ternyata cukup berkashiat untuk digunakan sebagai obat tradisional. Tetapi untuk penyakit apa, saya masih belum mengkonfirmasi lebih jauh.

Tetapi menurut beberapa sumber mengatakan bahwa pohon tembesu ini digunakan sebagai pohon penghijauan di pinggir jalan. Hal ini karena tajuk dari daun pohon tembesu ini cukup rimbun dan mampu untuk memberikan keteduhan. Selain itu akar dari pohon tembesu ini sangat kokoh, dan karena kekuatannya tersebut bahkan dikatakan mampu untuk menahan serangan arus banjir.

List Harga Kayu Tembesu :

No Kayu Tembesu Harga
1 Balok Kayu perkubik Rp 12.000.0000/m³.
2 Daun pintu Rp  6.000.000/buah

 

Harga ini adalah harga di Kota Jambi pada periode September 2016

6 komentar untuk “Harga Kayu Tembesu”

  1. Sekedar info, banyak rumah panggung di sumsel khusunya rumah2 lama banyak yang menggunakan kayu tembesu. Karena keawetan serta kekuatan kayu tembesu luar biasa

    1. Untuk hal tersebut saya tidak tahu, tetapi jika anda ingin membuat artikel sejenis pada halaman web kami, kami bisa membantu

Tinggalkan Balasan